Daftar Masjid Terkuno di Indonesia yang Usianya Mencapai Ratusan Tahun

Meskipun hingga saat ini jumlah bangunan masjid di Indonesia jumlahnya semakin meningkat namun dibalik itu masih ada beberapa masjid terkuno di Indonesia yang mungkin jarang diketahui. Bahkan masjid kuno tersebut adapula yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Hal ini membuktikan bahwa Islam di Indonesia memang semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dengan demikian dari bangunan masjid-masjid kuno inilah anda bisa belajar mengenai penyebaran dan perkembangan Islam di Nusantara.

5  Masjid Terkuno di Indonesia yang Usianya Bikin Takjub

masjid terkuno di Indonesia

 Mayoritas penduduk Indonesia memang memeluk agam Islam. Hal tersebut membuat banyaknya bangunan masjid yang bisa anda temukan mulai dari Sabang hingga Merauke. Dari masjid-masjid tersebut terdapat beberapa masjid kuno yang hingga saat ini masih berdiri kokoh meskipun usianya ada yang sudah mencapai ratusan tahun. Berikut akan dijelaskan 5  masjid terkuno di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Masjid Bayan Beleq
    Masjid kuno yang berada di Pulau Lombok ini berdiri pada abad ke-17 atau sudah berusia sekitar 300 tahun. Masjid Bayan Beleq ini memiliki desain yang sederhana tetapi menjadi situs sejarah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena dahulu Kecamatan Bayan menjadi gebang masuknya Islam di Pulau Lombok. Sehingga masjid inilah yang menjadi masjid pertama di dirikan di Pulau Lombok saat agama Islam pertama kali diperkenalkan di pulau ini.
  2. Masjid Bingkudu
    Masjid yang berada Sumatera barat ini memiliki desain yang bergaya khas Minangkabau. Pada awal mula berdiri, masjid ini terbuat dari bahan kayu untuk dinding, lantai, dan tiangnya. Sedangkan bagian atapnya terbuat dari ijuk dan diganti seng pada tahun 1957 karena ijuknya sudap lapuk. Namun pada tahun 1989, masjid ini ditetapkan sebagai cagar budaya sehingga mengalami pemugaran di bagian atap yang dikembalikan lagi ke ijuk serta pengecatan pada bagian yang sudah lapuk.
  3. Masjid Tua Wapawue
    Masjidyang satu ini disebut sebagai masjid tertua di Maluku. Bahkan usinya diperkirakan sudah mencaai 7 abad karena dibangun pada tahun 1414 Masehi. Hingga saat ini Masjid Tua Wapawue masih berdiri kokoh dan menjadi bukti penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau.
  4. Masjid Tuo Kayu Jao
    Masjid yang berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini didirikan pada tahun 1599 dan menjadi masjid tertua di Solok. Meskipun usianya sudah hampir 5 abada namun hingga saat ini bangunan masjid tetap kokoh hingga sekarang.
  5. Masjid Tuo Nan Ampek
    Masjd Tuo Nan Ampek terletak di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat.Masjid yang didirikan tahun 1840 ini awalnya dibuat dengan atap dari ijuk lalu diganti dengan atap seng. Bangunan masjid yang bergaya arsitektur Minangkabau ini hingga sekarang masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk aktivitas keagamaan dan tetap dilestarikan keberadaannya.

masjid terkuno di Indonesia

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 masjid terkuno di Indonesia yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, namun hingga saat ini masjid-masjid tersebut masih berdiri kokoh dan masih digunakan untuk beribadah. Hal ini merupakan sebuah kebangaan umat Islam karena masjid kuno tersebut merupakan peninggalan sejarah peradaban Islam di masa lampau.

Leave a Reply