Bikin Takjub! Inilah Daftar Masjid Dengan Interior Paling Megah Di Wilayah JaboDetabek

Seiring perkembangan jaman sebuah bangunan masjid pasti ikut mengalami perubahan dari model dan bentuknya yang lebih modern, megah hingga unik. Dahulu sebelum teknologi mulai bermunculan bahkan keadaan dunia yang masih tergolong primitif/tertinggal. Sebuah masjid dibangun dengan tampilan sederhana, kecil dan terbuat dari bahan-bahan seadanya. Hal itu berlaku bagi semua masjid yang berdiri di seluruh negara. Masjid yang sudah dibangun sejak dulu dan masih berdiri kokoh setidaknya pasti akan mengalami perombakan/perenovasian oleh manusia peradaban saat ini. Banyak hal yang direnovasi pada salah satu bangunan masjid dari bentuk atau model bangunan, interior, serta bagian-bagian dalam masjid. Pada bagian-bagian dalam masjid juga tidak luput dari perombakan. Perombakan yang dilakukan berupa karpet mushola, desain tembok, desain atap bagian dalam, mimbar, dan peletakan alat-alat kebutuhan beribadah. Perubahan masjid yang semakin megah dan indah saat ini telah berdiri di berbagai daerah bahkan negara. Untuk negara Indonesia yang mayoritas dihuni oleh penduduk beragama islam tentunya juga terdapat banyak masjid. Dari bagian ujung barat hingga ujung timur di negara Indonesia pasti terdapat beberapa masjid yang berdiri dengan ciri khas berbeda-beda.

6 Masjid Dengan Interior Paling Megah

Di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) merupakan daerah yang paling banyak berdiri masjid-masjid megah dengan menggunakan jasa arsitektur. Sebab, wilayah jabodetabek menjadi satu bagian dalam Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang keadaan kotanya sudah menjadi metropolitan. DKI Jakarta menjadi pusat berbagai macam role mode kehidupan, maka dari itu tak heran jika wilayah jabodetabek terdapat banyak masjid garapan arsitektur ternama. Berikut daftar 6 masjid yang memiliki interior paling megah di wilayah Jabodetabek:

  1. Masjid Ramlie Musofa

masjid dengan interior paling megah

Masjid ini berlokasi di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Identik dengan warna putih dan ornamen cantik membuat masjid Ramlie Musofa jadi pusat perhatian masyarakat umum baik dari dalam kota hingga luar kota.

  1. Masjid Raya Jakarta Islamic Center

masjid dengan interior paling megah

Masjid ini biasanya dijadikan pusat beribadah oleh masyarakat beragama islam yang berada di sekitar Jakarta terutama pada pelaksanaan-pelaksanaan hari raya besar umat muslim. Memiliki bagian interior unik dan indah dengan penggunaan nuansa warna daerah luar yang memadu pandankan warna abu-abu, biru, serta kuning.

  1. Masjid Andalusia Islam Center

masjid dengan interior paling megah

Masjid tersebut saat pembuatannya terinspirasi dari peradaban masyarakat Andalusia. Identik dengan warna krem dan biru membuat masjid terlihat lebih cantik dan megah saat dipandang dari jarak jauh sekalipun.

  1. Masjid Kubah Mas (Dian Al Mahri)

masjid dengan interior paling megah

Terkenal dengan masjid yang terlihat megah karena efek dari kubah masnya. Berukuran besar dan memenuhi luas lahan berhektar-hektar membuat para masyarakat umum khususnya beragam muslim selalu menjadikan masjid tersebut sebagai tujuan utama yang wajib dikunjungi. Hampir seluruh bagian dalam masjid kubah mas dipenuhi dengan karpet halus dan dingin saat diinjak.

  1. Masjid Agung Al-Barkah

masjid dengan interior paling megah

Termasuk salah satu masjid paling tua yang ada di Indonesia. Saat pendiriannya dipimpin oleh seorang penghulu bernama H Abdul Hamid. Dan sejak tahun 1998, masjid tersebut telah mengalami beberapa kali renovasi hingga terakhir di tahun 2004

  1. Masjid Raya Bogor

masjid dengan interior paling megah

Dijadikan pusat utama beribadah hingga penyebaran pembelajaran agama islam. Sejak tahun 1970 masjid ini telah mengalami perombakan total dan diakhir renovasi menampilkan penampakan interior megah dan nyaman.

Itulah keenam masjid yang berada di wilayah jabodetabek dengan interior megah dan sebagian besar menggunakan jasa arsitektur saat pembuatan maupun perenovasiannya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat membaca!

Leave a Reply