March 31, 2020
  • 5:43 am Sejumlah Masjid Tetap Laksanakan Sholat Jum’at Dibawah Protokol Kesehatan
  • 4:41 am Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona
  • 4:41 am Peran Masjid dalam Melestarikan Lingkungan
  • 3:52 am Donald Trump Sebut Masjid Al-Aqsa dengan Masjid Aqua, Bagaimana Fakta Masjid ini Sesungguhnya?
  • 4:08 am Plang ‘Parkir Khusus Muslim’ Viral, Polisi Temui Pengurus Masjid
Plang ‘Parkir Khusus Muslim’ Viral, Polisi Temui Pengurus Masjid

Beberapa saat yang lalu warganet di hebohkan dengan viral nya sebuah plang bertuliskan “Parkir Khusus Muslim” yang dipasang di kawasan parkir Masjid Jami’ Al-Ridha, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara.

Warganet menilai tulisan di dalam plang tersebut terlalu rasis. Tentu saja hal tersebut di kaitkan dengan keyakinan agama masyarakat di Indonesia yang sangat beragam. Selain itu, dalam foto yang diambil oleh salah satu warganet yang tampak berpose di samping papan tersebut memperlihatkan sebuah gereja yang lokasinya tak terlalu jauh dari masjid.

Adanya papan plang bertuliskan larangan parkir itu menuai pro kontra para warganet di dunia maya. Ada banyak warganet yang berpendapat jika plang tersebut bisa saja menimbulkan gesekan antar umat beragama mengingat agama merupakan hal yang sangat sensitive di negara ini, namun tak sedikit pula warganet yang merasa keberadaan plang di masjid tersebut biasa saja dan tidak perlu di besar-besarkan.

Sementara itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batubara mengaku telah menindaklanjuti viralnya peristiwa ini, terkait masalah ini sudah ditindaklanjuti.

“Iya betul dan sudah ditindaklanjuti,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batubara, Ahmad Sofian pada Selasa 28 Januari 2020.

Sofian menjelaskan bahwa pihak kepolisian telah meminta klarifikasi dari pihak masjid terkait maksud pemasangan plang tersebut. Tak lupa Sofian menghimbau kepada semua umat beragama di Indonesia agar tidak membuat plang atau pun spanduk bernada rasis sehingga tidak menimbulkan konflik antar umat beragama.



Klarifikasi Dengan Pihak Masjid

Pihak kepolisian Batubara melaksanakan pertemuan dengan para pengurus masjid yang tengah viral karena plang yang di nilai mengandung tulisan rasis. Kapolres Batubara, AKP Ikhwan Lubis, pun segera meminta klarifikasi terhadap pengurus BKM Masjid Jami’ Al Ridho.

Dalam pertemuan tersebut, para pengurus masjid menyampaikan bahwa sama sekali  tak ada maksud untuk menyinggung hati umat non Muslim atas tulisan pada plang tersebut. Bahkan Tunggul, salah satu pengurus BKM masjid berterimakasih karena telah diingatkan oleh pihak kepolisian atas kontroversi pemasangan plang tersebut.

Usai pertemua, AKP Ikhwan memberi intruksi kepada pihak BKM masjid agar mengganti kalimat di dalam plang tersebut dengan kata-kata yang lebih halus agar masyarakat tidak salah dalam mengartikan. Apalagi lokasi papan tersebut tak terlalu jauh dari Gereja HKBP Lima Puluh.

“Agar kita saling menghormati antar umat beragama. Masalah kecil ini janganlah kita berselisih paham dan agar tidak dibesar-besarkan dengan membuat statement yang membuat kerukunan beragama kita di Kabupaten Batubara ini viral semakin membesar,” ujar Ikhwan.

Selain itu Ikhwan juga menghimbau kepada masyarakat luas agar tak mudah memprovokasi ataupun terprovokasi dengan hal-hal yang belum tentu kejelasannya di media social. Kemudian masyarakat juga diminta untuk saling menghormati keyakinan satu sama lain.


penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT