November 21, 2019
  • 3:19 am Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?
  • 3:59 am Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih
  • 4:08 am Masjid Raya Roma di Negara Minoritas Islam
  • 4:13 am Inovasi Anak Muda Surabaya, Aplikasi MarbotRetail.com Bersama Takmir Masjid
  • 3:24 am Eco Masjid: Masjid Peduli Lingkungan Hadir Di Indonesia

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT UMY) lagi – lagi kembali mencatatkan sejarah di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena telah berhasil membuat beraneka ragam rancangan masjid modern  yang di desain dengan apik sejumlah 48 desain gambar masjid. Selain itu juga ada 591 essay yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini.

Rancangan gambar masjid modern tersebut tidak lain adalah karya yang di hasilkan oleh 680 mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah  Yogyakarta yang tengah menjalani kegiatan masa ta’aruf (Mataf) pada 26 hingga 28 Agustus 2019. Acara tersebut merupakan sebuah rangkaian acara seperi masa orientasi bagi para mahasiswa yang akan menjalani masa kuliah selama kurang lebih 4 tahun di perguruan tinggi tersebut.

Meski masih muda dan terbilang anak baru, tentu prestasi tersebut sangat membanggakan dan tidak lepas dari dorongan dan bimbingan para pejabat dan dosen universitas. Terbukti menurut pengakuan wakil rektor UMY Bidang akademik UMY, Sukamta, beliau menegaskan bahwa rekor MURI tersebut bukan hanya untuk mencari pengakuan akan kehebatan universitas semata. Namun jauh dari itu,pihak universitas justru ingin membuktikan bahwa semua orang dapat menciptakan sebuah karya. Termasuk mahasiswa baru.

Notabene mahasiswa baru memang terkesan masih pemalu dan perlu adaptasi untuk bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Tak jarang, ada mahasiswa baru yang minder dengan prestasi kakak tingkat, atau kawan seangkatannya.

Sehingga dengan ikut berpartisipasi dalam sebuah catatan sejarah, di harapkan bisa meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa

Menjadi Inspirasi Bagi Semua Orang

Sementara itu manager MURI Office Semarang, Sri Widayati menfatakan bahwa rekor ini baru pertama kali di laksanakan. Menurutnua, kegiatan membuat rancangan masjid baik dalam bentuk gambar maupun essay belum pernah tercatat dalam MURI.

“Jadi ini pertama kali nya dengan peserta terbanyak” kata Sri saat penyerahan piagam MURI di UMY.

Sebenarnya rekor MURI tersebut bukan lah rekor MURI pertama yang di dapatkan oleh pihak universitas. Melainkan sudah ada penghargaan sebanya 10 rekor termasuk rekor rancangan masjid yang telah di dapatkan UMY. Namun tentu seperti yang telah di katakana oleh perwakilan MURI Ibu Sri Widayati, catatan untuk rekor rancangan masjid terbanyak baru pertama kali tercatat di MURI Indonesia.

“Kita tidak sekedar mencari sertifikat, tapi kita ingin mengajak anda begitu masuk ke Fakultas Teknik di hari pertama sudah menciptakan sesuatu yang baru” Ujar Wakil Rektor tersebut.

Sukamta pun menjelaskan bahwa pemilihan kegiatan untuk merancang masjid ini dilakukan karena mengetahui bahwa masjid merupakan tempat Ibadan umat muslim yang juga merupakan pondasi peradaban islam. Oleh karena it, pihak UMY memiliki tujuan menjadi perguruan tinggi yang maju mulai dari masjid.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri juga memiliki bangunan masjid yang artistic terletak di tengah tengah lingkungan kampus.

Untuk itu, kegiatan tersebut merupakan bentuk inovasi agar dapat menjadi masjid yang memiliki infrastruktur modern. Sehingga akan memudahkan masyarakat dan jamaah dalam beribadah serta meningkatkan kompetensi keislaman dan ilmu pengetahuan teknologi.

Semoga bermanfaat.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT