September 24, 2021
  • 1:36 am Majid PPKM Darurat Boleh Buka, Tetap Dihimbau Warga Sholat di Rumah !!
  • 1:05 am Megahnya Masjid Al Jabbar Bandung, Jadi Wisata Ngabuburit di Bulan Ramadhan !
  • 1:24 am 5 Hal Paling di Kangenin di Bulan Ramadhan, Masjid Jadi Tempat Nongkrong?
  • 1:41 am Masjid Agung Sheikh Zayed Dari Pangeran Arab Saudi untuk Jokowi Dibangun di Solo
  • 1:05 am Bangun Masjid Bergaya Tionghoa, Mantan Jawara Pasar Baru Tobat!
Majid PPKM Darurat Boleh Buka, Tetap Dihimbau Warga Sholat di Rumah !!

Masjid PPKM Darurat РPemerintah mengubah aturan penutupan tempat ibadah selama  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dalam aturan terbaru, pemerintah tetap membuka tempat ibadah, namun tetap melarang kegiatan keagamaan di sana.

Perubahan itu tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa Bali.

“Tempat ibadah (masjid, mushola, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama penerapan PPKM Darurat dan mengoptimalisasi pelaksanaan ibadah di rumah,” demikian bunyi salah satu poin dalam aturan tersebut, sebagaimana dikutip Senin (12/7).

Dalam aturan sebelumnya di Instruksi Mendagri Nomor 15, disebutkan bahwa tempat-tempat ibadah ditutup sementara. Aturan ini merupakan salah satu upaya pemerintah mencegah penularan virus corona di tempat ibadah yang banyak terdapat virus di karpet masjid.

tak hanya masjid ppkm darurat saja yang diatur, dalam aturan terbaru ini, pemerintah juga melarang kegiatan resepsi pernikahan selama PPKM Darurat Jawa Bali.

“Pelaksanaan resepsi pernikahan ditiadakan selama penerapan PPKM Darurat,” demikian tertulis dokumen tersebut.

Masjid Untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Masjid PPKM Darurat РMasjid yang berada di Mapolresta Bogor Kota, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor disulap menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Tempat itu diperuntukan bagi anggota Polri yang terpapar. 

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo mengatakan, anggota Polri di lapangan sangat rentan terpapar Covid-19. Karena itu, pihaknya menyiapkan tempat isolasi khusus untuk anggotanya.

“Ya tentunya kami harus bersiap untuk personel-personel kami yang juga terpapar dalam operasi saat ini,” kata Susatyo, Rabu (14/7/2021).

Masjid ppkm darurat tersebut untuk sementara ini mampu menampung 10 pasien covid-19 yang dalam kategori gejala ringan. Sedangkan, apabila gejala sedang atau berat akan dirujuk ke Klinik atau RS Bhayangkara.

“Kalau hijau kami tempatkan di tempat pusat isolasi kami (masjid), kalau kuning di klinik, kalau merah kami tempatkan di RS Bhayangkara,” jelasnya.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT