December 1, 2020
  • 7:47 am Viral Masjid Al Makmur Laweyan, Tak Pernah Gelar sholat Jumat
  • 7:38 am Masjid Presiden Joko Widodo dibangun di Abu Dhabi
  • 2:52 am Selama Ramadhan, MUI Jatim Ingin Masjid Tetap Buka Walau PSBB
  • 3:19 am Jadi Tempat Produksi Masker Virus Corona, Berikut Profil Masjid Shah Cheragh di Iran
  • 5:04 am Cegah Covid-19. Masjid Agung Kota Solo Terapkan Social Distancing Saat Shalat
Masjid Pertama Untuk Muslim Airdrie Kanada

Berita gempira tengah di rasakan oleh kebanyakan umat muslim di kota Airdrie, Provinsi Alberta, Kanada Tengah. Pasalnya, sebentar lagi mereka akan memiliki sebuah tempat permanen untuk beribadah yang akan di sebut sebagai masjid. Masjid tersebut nantinya akan menjadi tempat ibadah umat islam pertama di kota tersebut.

Sehingga penduduk muslim kini bisa ibadah dan sujud dengan gembira diatas karpet masjid.

Masjid itu nanti akan di beri nama masjid Jami Riyadhul Jannah yang artinya aalah taman surga. Berada di pusat kota Airdrie 121 2 Ave, masjid ini nantinya akan menjadi tempat berkumpul umat islam yang ingin beribadah disana.

Sebelum di bangun sebuah masjid, lokasi berdirinya masjid Jami Riyadhul Jannah tersebut merupakan sebuah bangunan rumah yang di beli pada 2018 oleh komunitas muslim Airdrie

Tadinya ruang itu merupakan sebuah garasi kemudian di alih fungsi kan menjadi sebuah tempat sholat dengan area terpisah antara pria dan juga wanita. Adapun ruang yang lain di gunakan untuk ruang pertemuan dan juga ruang kelas belajar untuk anak anak

“Ini adalah masjid pertama di Airdrie” ungkap pendiri dari Masjid Riyadhul Jannah yang mana juga seorang pendiri Dewan Tertinggi Islam Kanada, Syed Soharwardy

Masjid Pertama Untuk Muslim Airdrie Kanada

Masjid Butuh Renovasi

Berdasarkan keterangan dari Soharwardy, masjid akan di renovasi sebagaimana bangunan amsjid dan juga di lengkapi dengan kubah serta menara. Menurut Soharwardy, biaya awal yang harus di keluarkan untuk renovasi tersebut di perkirakan butuh sekitar dua juta dolar AS.

Rencananya, masjid Jami Riyadhul Jannah ini akan di ubah kepemilikannyake Dewan Muslim Airdrie sekaligus sebagai pihak yang bertanggungjawab atas operasional masjid. Namun demikian, saat ini bangunan tersebut ada di bawah naungan Majelis Islam Calgary Al Madinah.

Sebelum didirikan masjid Jami Riyadhul Jannah ini, para umat muslim di kota Airdrie yang berjumlah sekitar 2.000-3.000 tersebut seringkali merasa kesulitan untuk menjalankan ibadah yang bersifat jamaah seperti sholat jumat, sholat idul fitri maupun idul adha.

Akibatnya di tahun 2018, komunitas Muslim Airdrie mendirikan Pusat Islam Airdrie serta menyewa sebuah bangunan di dekat Safeway untuk beribadah secara berjamaah.

Meski demikian, bangunan yang di gunakan sebagai masjid oleh muslim di Airdrie sebenarnya masih memerlukan banyak renovasi, baik halaman parkir, toilet, dan juga penambahan akses kursi roda. Renovasi tersebut sangat perlu di lakukan agar ketika di gunakan untuk beribadah secara berjamaah seperti sholat jumat, masjid bisa menampung lebih banyak jamaah. Sebab hingga saat ini untuk melaksanakan sholat jamaah, Muslim Airdrie masih melakukannya di Gereja Persatuan yang ada di kota tersebut.

“Ini bukan hanya tempat ibadah (Masjid Riyadhul Jannah). Ini merupakan tempat dimana kami saling membantu, dimana kami membahas masalah” ujar Soharwardy.

Untuk biaya renovasi yang haru dikeluarkan, Soharwardy sadar bahwa jumlahnya tidak sedikit. Akan tetapi dirinya yakin jika umat muslim akan membantu dan memberikan donasi untuk memenuhi kebutuhan masjid. Saat ini donasi yang sudah di gunakan untuk biaya renovasi dan operasional masjid sehari hari telah mencapai 21 ribu dolar AS.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT