Ketahuilah Tujuh Masjid Terbesar Yang Penuh Dengan Nilai Sejarah Di Dunia

Masjid  merupakan tempat yang dianggap suci karena merupakan tempat dimana umat muslim menunaikan ibadah sholat. Sebagai sebuah tempat yang dianggap suci ini, masjid pastinya juga merupakan sebuah bangunan yang memang mempunyai sejarah dan kisah dibaliknya. Tak jarang, nilai sejarah yang terkandung dari masjid tersebut sangatlah tinggi sehingga mampu menjadikan masjid tersebut lebih berkesan lagi. Tak hanya di luar negri saja terdapat berbagai masjid dengan nilai sejarah yang tinggi, namun di Indonesia juga banyak mempunyai masjid dengan nilai sejarah yang tinggi pula. Anda tentunya harus mengetahui berbagai masjid terbesar yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi ini di dunia.

7 Masjid Terbesar Yang Punyai Nilai Sejarah

Memang, banyak masjid di dunia ini, termasuk di dalamnya Indonesia mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Namun setidaknya Anda harus mengetahui berikut ini adalah tujuh masjid terbesar yang mempunyai nilai sejarah yang sangatlah tinggi:

  1. Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjiidil Haram meurpakan masjid yang terbesar yang ada di dunia. Jika Anda melakukan ibadah shalat di masjid ini, Anda akan mendapatkan pahal yang berlipat-lipat yakni sebanyak 100.000 lipat dari shalat yang biasa Anda lakukan di masjid-masjid lainnya. Di masjid yang terletak di Mekkah, Arab Saudi inilah ibadah haji dilakukan.

  1. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

masjid terbesar

Salah satu masjid di Indonesia ini, yakni Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di ASEAN adalah masjid yang penuh dengani nilai sejarah. Bagaimana tidak, masjid ini dibangun oleh seorang arsitek yang beragam kristen yakni Frederich Silaban. Ditambah lagi, masjid ini juga berhadapan langsung dengan Gereja Katedreal Jakarta. Hal inilah yang menggambarkan kerukunan beragama di Indnesia.

  1. Masjid Hasan II, Casablanca Maroko

masjid terbesar

Masjid terbesar dengan nilai sejarah yang tinggi selanjutnya adalah Masjid Hassan II di Maroko. Masjid ini dibangun tahun 1986-1993 untuk memperingati ulang tahun Raja Maroko Hassan II. Masjid moderen ini  merupakan simbl dari Kota Casablanca.

  1. Masjid Imam Reza, Iran

Masjid Imam ini dibangun pada abad ke-8 silam. Imam Reza sendiri adalah imam nomer kedelapan dari total 12 imam yang dipercaya online penganur Syiah. Sejarahnya, Imam Reza ini merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhhamad Saw.

  1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia

Masjid Raya Baiturrhaman yang terletak di Aceh, Indonesia ini dibngun oleh Sultan Iskandar Muda pada sekitar tahun 1612. Masjid ini sempat dihancurkan Belanda pada 1873 dan akhirnya dibangun kembali. Uniknya, masjid ini tahan dan tetp berdiri tegak saat tsunami menyapu Aceh.

  1. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

masjid terbesar

Selain dari masjidil Haram, masjid Nabawi ini juga terdapat di Arab Saudi.  Masjid tersebut merupakaan salah satu masjid yang terbesar dan mempunyai nilai sejarah yang sangatlah tinggi. Masjid ini selalu dipenuhi oleh jemaah yang melakukan haji ataupun umroh. Di masjid tersebut terdapat maka Rasullah.

  1. Masjid Agung Banten

masjid terbesar

Masjid Agung Banten ini benar-benar penuh dengan nilai sejarah yang tinggi dalam dunia penajahan di Indonesia. Di bagian sisi utara dan juga selatan dari masjid tersebut terdapat makam kuno daari para sultan Banten beserta dengan jkeluarganya.

Itulah tadi adalah tujuh masjid terbesar dengan nilai sejarah yang sangatlah tinggi pula. Dengan mengetahui ketujuh masjid tersebut, tentunya dapat Anda lakukan sebagai rekomendasi masjid yang bisa Anda datangi. Tak hanya beriwisata ziarah saja, tapi Anda nantinya juga bisa mengagumi semua hal terutama sejarah penting dari masjid tersebut.

Leave a Reply