November 21, 2019
  • 3:19 am Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?
  • 3:59 am Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih
  • 4:08 am Masjid Raya Roma di Negara Minoritas Islam
  • 4:13 am Inovasi Anak Muda Surabaya, Aplikasi MarbotRetail.com Bersama Takmir Masjid
  • 3:24 am Eco Masjid: Masjid Peduli Lingkungan Hadir Di Indonesia

Inovasi Anak Muda Surabaya
Inovasi Anak Muda Surabaya, Aplikasi MarbotRetail.com Bersama Takmir Masjid

Anak muda memang di kenal memiliki pemikiran yang segar dan kreatif dengan perubahan zaman yang terjadi. Banyak inovasi inovasi terbaru hasil karya anak bangsa yang berhasil memberikan kemudahan bagi kehidupan masyarakat.

Tentunya, hasil kerja dan inovasi anak muda tersebut sudah sepatutnya kita hargai dan di dukung supaya mereka makin semangat untuk terus berinovasi dan tidak kalah dengan teknologi dari luar.

Sejumlah anak muda yang berasal dari Surabaya pun kembali membuat inovasi berupa aplikasi marbotretail.com. Aplikasi ini merupakan wujud kolaborasi usaha yang di lakukan bersama sama. Aplikasi tersebut di pasang di smartphone sebagai marketplace retail yang akan menggandeng para takmir dan juga marbot masjid.

Untuk saat ini, tahap awal peluncuran aplikasi tersebut masih di tujukan untuk wilayah Surabaya saja. Namun tidak menutup kemungkinan akan terus di kembangkan ke kota kota lain di Indonesia.

Tidak Minder Dengan Marketplace Lain

Direktur utama Marbtretail.com, Deandro Farlinno menjelaskan bahwa usaha yang ia bangun bersama rekan nya tersebut merupakan upaya agar dapat menjadi wadah dalam menjembatani belanja kebutuhan sekaligus memberi kan pilihan via online.

“Saat ini banyak tumbuh marketplace lewat aplikasi yang cukup menarik konsumen. Begitu juga kami ingin memberi pilihan lain marketplace dengan melibatkan para marbot dan takmir sebagai kepanjangan tangannya. Hal ini untuk ikut meningkatkan kapasitas dan kemampuan masjid dalam meberikan manfaat yang lebih kepada umat islam “ jelas Deandro panjang lebar dengan di damping Komisaris PT Marbot Retail Indonesia, Afifin Mahdayanti, di gudang marbotretail.com yang berada di kawasan Rungkut Industri XI, SIER, Surabaya.

Aplikasi ini diluncurkan di gudang kawasan rungkut yang juga di siapkan sebagai gudang produk untuk dipasarkan melalui situs mereka.

Produk yang nantinya di jual tidak hanya produk customer goods (kebutuhan sehari –hari) namun juga akan dijual produk fashion dan sejenisnya.

Langkah Deandro untuk menggandeng marbot dan juga takmir masjid adalah sebagi wadah bagi para customer yang ingin berbagi. Pasalnya setiap transaksi nanti aka nada yang di berikan kepada marbot dan masjid dengan hitungan 2,5 % untuk marbot dan 1% untuk masjid melalui takmir.

Pembagian bagian ini nanti akan di serahkan tiap minggu sekali pada hari jumat. Dengan reward iniharapannya para marbot akan memiliki motivasi untuk meningkatkan perekonomian mereka. Begitu pula untuk masjid, reward tersebut di harapkan dapat memberi manfaat bagi masjid dalam pengelolaan dan perawatan bangunan dan operasionalnya.

Saat ini, potensi pasar untuk konsumen yang berbelanja di marketplace masihlah sanat besar. Bisa di lihat dari banyak nya pengguna smartphone yang menginstal berbagai aplikasi belanja di handphone mereka untuk mempermudah kegiatan belanja .

Berbicara mengenai persaingan dengan marketplace lain yang telah lebih dulu terjun ke dunia belanja online, Pasha Trylaksana W, Direktur Teknik dari marbotretail.com mengaku optimis usaha yang mereka rintis akan mendapat respon positif dari pasar.

“apalagi kami juga ada fitur bagai konsumen yang ingin memberi amal shidaqohnya, kemudian marbot inilah yang menjadi pengantarnya” imbuhnya.

Melalui aplikasi ini, marbot dan takmir yang di perdayakan bisa mencapai lebih dari 800.000 masjid yang ada di wilayah kota Surabaya.

Pihak pendiri marbotretail.com pun mengaku siap menampung produk produk dari UMKM yang di buat oleh para wirausahawan dan pengusaha kecil di Surabaya.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT