May 16, 2021
  • 1:05 am Megahnya Masjid Al Jabbar Bandung, Jadi Wisata Ngabuburit di Bulan Ramadhan !
  • 1:24 am 5 Hal Paling di Kangenin di Bulan Ramadhan, Masjid Jadi Tempat Nongkrong?
  • 1:41 am Masjid Agung Sheikh Zayed Dari Pangeran Arab Saudi untuk Jokowi Dibangun di Solo
  • 1:05 am Bangun Masjid Bergaya Tionghoa, Mantan Jawara Pasar Baru Tobat!
  • 1:05 am Masjid di Inggris Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19
5 Hal Paling di Kangenin di Bulan Ramadhan, Masjid Jadi Tempat Nongkrong?

Kegiatan Bulan Ramadhan – Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, bulan puasa di Indonesia tak dipungkiri agak berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia, umumnya dimana Muslim menjadi minoritas. Disini, kita akan menemui suasana yang benar-benar berbeda dibanding bulan-bulan lainnya. Bukan saja mengacu pada hal-hal yang berbau ibadah, seperti shalat tarawih, sahur, shalat berjamaah di Masjid atau Musholla, dan sebagainya. Kita juga akan menemukan banyak tradisi atau kegiatan bulan puasa yang tidak bisa kita temui di bulan lainnya.

Nah, meskipun bulan Ramadhan kali ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat kita akan menjalaninya di tengah wabah corona, bukan berarti kita harus patah semangat. Beberapa hal mungkin tak akan lagi bisa kita lakukan, tapi paling tidak, kita bisa tetap mengingatnya. Sambil berdoa agar badai ini segera berlalu.

Oke, kegiatan apa saja sih yang tidak bisa kita temukan di bulan lainnya? Yuk kita simak paparannya sama-sama!

Tak Hanya di Masjid, Kegiatan Bulan Ramadhan Paling Ngangenin

Ngabuburit

Salah satu kegiatan yang identik dengan bulan puasa adalah ngabuburit. Ngabuburit dimaknai sebagai aktivitas yang dilakukan sembari menunggu azan magrib. Karena itu, tiap orang mungkin melakukan ngabuburit dengan cara yang berbeda-beda! Ada yang jalan-jalan keliling kampung, ada pula yang bersantai sambil mengobrol di taman.

Tapi, ngabuburit sebenarnya merujuk pada kegiatan positif menjelang berbuka lho, seperti berbagi takjil dan membaca Alquran. Di bulan puasa nanti, yuk kita coba mulai isi waktu ngabuburit dengan aktivitas yang bermanfaat!

Bagi-Bagi Takjil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ngabuburit bisa diisi dengan berbagi takjil dengan orang lain. Bagi-bagi takjil ini merupakan salah satu kegiatan yang hanya ditemukan di bulan puasa. Selain masjid-masjid yang memberikan takjil gratis bagi jamaah saat menjelang azan magrib, banyak juga kelompok masyarakat yang membagikan takjil di pinggir jalan. Dengan begitu, mereka yang sedang berada dalam perjalanan tidak perlu bingung untuk membeli penganan berbuka. Selain itu, menyediakan takjil bagi yang berpuasa memberikan banyak pahala lho!

Buka Bersama

Siapa yang sudah tidak asing dengan acara buka bersama? Buka bersama sering dijadikan ajang untuk berkumpul dengan teman-teman alumni sekolah. Buka bersama juga memungkinkan kita untuk menjaga tali silaturahim dengan teman-teman yang sudah jarang kita temui.

Membangunkan Sahur

Sahur merupakan waktu bagi kita untuk menyantap makanan agar tetap kuat saat berpuasa. Karena sahur dilakukan di malam buta, yaitu sekitar jam 3 pagi, tidak jarang banyak orang ataupun anak-anak yang keliling rumah-rumah untuk membangunkan sahur. Enggak tanggung-tanggung, mereka menyediakan beduk, tong, kaleng, dan alat-alat instrumen lain untuk menghasilkan suara yang keras. Kebayang, kan, suaranya akan sekeras apa? Tapi dengan begitu, warga akan terbangun dan siap untuk makan sahur.

Sahur On The Road

Satu lagi kegiatan bulan puasa yang jarang ditemukan di bulan-bulan lain adalah sahur on the road atau SOTR. SOTR ini mirip dengan kegiatan bagi-bagi takjil, tapi bedanya, yang dibagikan adalah penganan sahur. Makanan sahur umumnya diberikan bagi mereka yang membutuhkan atau yang masih beraktivitas di jalanan.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT