Wajib Dibaca! Inilah Macam Masjid Agung Di Jawa Tengah Yang Sukses Jadi Ikon Daerah

Masjid agung merupakan masjid paling pertama didirikan di suatu daerah tertentu serta menjadi salah pusat utama ibadah bagi penduduk muslim disekitarnya. Di Jawa tengah memiliki ibukota Semarang yang terdapat banyak ikonik kota dari tempat wisata, patung-patung atau lokasi bersejarah hingga masjid agung. Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 6 kota, 29 kabupaten 534 kecamatan, dan 769 kelurahan. Diantara kota dan kabupaten pasti memiliki masjid agung sendiri sebagai ikonikĀ  atau ciri khas bagi daerahnya masing-masing. Ikonik yang sengaja dibuat untuk sebuah kota atau kabupaten fungsinya untuk mengingatkan kepada publik terkait daerah tersebut memiliki identik atau ciri khas tertentu agar dapat membedakan dengan wilayah lainnya.

7 Masjid Agung Di Jawa Tengah

Masjid agung biasanya menjadi pusat utama beribadah bagi seluruh umat beragama islam baik dalam maupun luar wilayah. Selain menjadi pusat beribadah sebuah masjid juga bisa dialihfungsikan sebagai tempat wisata religi. Walaupun sebagai tempat wisata, namun tetap saja masyarakat yang berkunjung hanya sebatas berziarah atau melihat keadaan sekitar masjid sambil menunggu waktu solat. Wisata religi paling sering dilakukan saat bulan-bulan ramadhan untuk menambah pahala. Berikut macam masjid agung di Jawa tengah yang sukses jadi ikon daerah:

  1. Masjid Agung Kudus

masjid agung di Jawa tengah

Awalnya sering kali disebut dengan nama Masjid Besar Alun-Alun. Terletak didaerah-daerah strategis pusat kota agar setiap masyarakat yang ingin berkunjung dapat menjangkaunya deganĀ  mudah.

  1. Masjid Agung Semarang

masjid agung di Jawa tengah

Dibangun tahun 2001 masjid ini telah menjadi paling megah dan besar yang berdiri di provinsi Jawa Tengah. Jika dibandingkan dengan masjid-masjid agung lainnya yang ada di provinsi Jawa Tengah. Masjid ini termasuk besar dan terdapat banyak interior menawan bahkan penggarapan modelnya dikerjakan oleh arsitek ternama

  1. Masjid Agung Demak

masjid agung di Jawa tengah

Masjid ini sudah lama dibangun sejak masa walisongo datang ke tanah Jawa. Dikabarkan jika sang pendiri masjid yakni Raden Patah yang ternyata seorang raja pertama Kesultanan Demak. Bagian dalam masjid tidak mengalami renovasi sejak bertahun-tahun lamanya didirikan. Hal itu membuat sajadah masjid maupun perlengkapan alat solat lain masih asli dari jaman dahulu.

  1. Masjid Agung Kraton Surakarta

masjid agung di Jawa tengah

Masih identik dengan interior tipe jaman kraton. Masjid ini belum mengalami perubahan sama sekali sejak berdirinya di tahun 1763. Bahkan seisi masjid masih original dari tahun sejak awal dibangun.

  1. Masjid Raya Darul Amal

masjid agung di Jawa tengah

Masjid ini sudah mengalami beberapa kali perombakan. Hasil renovasi tersebut membuat masjid terlihat lebih modern dengan nuansa gedung yang mengambil warna coklat dan putih sebagai landasan penampilan luar.

  1. Masjid Agung Kauman Pekalongan

masjid agung di Jawa tengah

Masjid ini terletak dekat dengan alun-alun kota Pekalongan. Masjid Agung Kauman digadang-gadang sebagai ikon kota Pekalongan sebagai lambang penyebaran ilmu agama islam di Kota Pekalongan.

  1. Masjid Agung Al-Aqsha

masjid agung di Jawa tengah

Bertempat di kota Klaten, masjid ini sering kali dikunjungi oleh masyarakat umum khusunya beragama islam guna menjalankan aktivitas beribadah di sana hingga sebagai tempat wisata religi. Masjid agung didirikan tahun 2012 dengan nuansa megah dan besar terbukti dari bangunan yang dibangun di atas tanah seluas 5.266 meter.

Beberapa masjid agung yang ada di beberapa kota dan kabupaten Jawa Tengah tersebut sebagian besar masih berdiri kokoh pada wilayah masing-masing. Dengan kemunculan masjid agung dapat dijadikan ikon pada masing-masing kota atau kabupaten. Itulah sekilas informasi yang dapat disampaikan terhadap para pembaca. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply