Beberapa Masjid Terbesar di Indonesia yang Memukau

Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas memeluk agama Islam. Tak heran jika kini di Indonesia bisa ditemukan banyak bangunan masjid di setiap wilayahnya. Dari masjid-masjid yang berdiri tersebut adapula yang memiliki desain yang unik dan megah. Namun adapula yang memiliki ukuran besar sehingga bisa menampung hingga puluhan ribu jamaah. Nah, untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai masjid terbesar di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda.

5 Masjid Terbesar di Indonesia

masjid terbesar di Indonesia

Sebuah masjid memang digunakan sebagai tempat beribadah umat Islam. Dengan jumlah umat Islam yang banyak di Indonesia biasanya dibutuhkan masjid dengan ukuran yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk menampung lebih banyak jamaah. Untuk itulah kini di Indonesia terdapat beberapa masjid terbesar dan megah dengan desain yang menakjubkan. Berikut ini 5 masjid terbesar di Indonesia yang perlu anda ketahui.

  1. Masjid Istiqlal
    Masjid yang terletak di Jakarta ini memiliki luas bangunan sekitar 2,4 hektar dan luas lahan 9,3 hektar. Selain disebut sebagai masjid terbesar yang ada di Indonesia, Masjid Istiqlal juga menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan luas tersebut masjid ini bisa berkapasitas total sekitar 200.000 jamaah. Masjid yang diresmikan pada tahun 1978 ini tidak hanya menjadi tempat beribadah namun menjadi destinasi wisata religi.
  2. Masjid Nasional Ak-Akbar
    Masjid yang berada di Surabaya ini memiliki luas sekitar 22.300 meter persegi dan bisa menampung hingga 59.000 jamaah. Selain berukuran besar, masjid ini memiliki desain bangunan yang sangat indah dengan 1 kubah besar serta 4 kubah kecil dan 1 menara.
  3. Masjid Islamic Center
  4. Masjid yang terletak di Samarinda ini mempunyai luas bangunan 43.500 meter persegi dan bisa menampung sekitar 10.000 jamaah. Tak hanya hanya mempunyai ukuran yang besar, masjid ini juga mempunyai 7 menara dengan 1 menara utama yang tingginya mencapai 99 meter.
  1. Masjid Kubah Emas
    Masjid ini sebetulnya memiliki nama asli masjid Dian Al-Mahri yang berada di Depok Jawa Barat. Selain dikenal dengan kubahnya yang berlapis emas, dengan desain kubah utama yang menyerupa kubah Taj Mahal. Masjid ini memiliki luas sekitar 8000 meter persegi dan bisa menampung sekitar 20.000 jamaah.
  2. Masjid Baiturrahman
    Masjid Baiturahman merupakan masjid yang didirikan pada masa Sultan Iskandar Muda tepatnya pada tahun 1607-1636. Masjid ini memiliki luas sekitar 4.760 meter persegi dan mampu menampung sekitar 9.000 jamaah. Bahkan masjid ini pernah dihantam tsunami Aceh tahun 2004 silam namun masjid ini tetap berdiri dengan kokoh meskipun bangunan di sekitarnya hancur dan rata dengan tanah.

masjid terbesar di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid terbesar di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Masjid-masjid besar tersebut bisa menjadi daftar destinasi wisata religi yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan sehingga dapat menikmatkan iman dan takwa.

Leave a Reply