Masjid Terluas di Asia Tenggara dengan Desain yang Menakjubkan

Asia Tenggara adalah wilayah dengan jumlah pemeluk agama Islam terbanyak di dunia. Meskipun bukan Negara Islam namun negara-negara di Asia Tenggara  juga memiliki masjid dengan bangunan terluas untuk beribadah umat Islam di masing-masing negaranya. Masjid terluas di Asia Tenggara tersebut juga memiliki desain yang sangat indah sehingga akan membuat siapa saja terpukau saat mengunjunginya.

7 Masjid Terluas di Asia Tenggara yang Menakjubkan

Banyaknya masjid yang berdiri di Asia Tenggara, ada yang memiliki ukuran terluas dan pastinya cukup menyita perhatian. Hadirnya masjid terluas di Asia Tenggara tersebut diharapkan bisa menampung jamaah lebih banyak sehingga bisa menjadi tempat beribadah yang nyaman bagi umat Islam. Berikut ini akan dijelaskan 7 masjid yang terluas di Asia Tenggara untuk menambah wawasan anda.

  • Masjid Istiqlal

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid yang terluas ini berada di Jakarta Indonesia dengan luas lahan 95.000 meter persegi. Dengan ukurannya tersebut masjid ini menjadi yang terluas di Asia Tenggara serta berada di urutan keempat dunia. Diketahui bahwa masjid ini mampu menampung sekitar 200.000 jamaah. Masjid Istiqlal sudah diresmikan sejak tahun 1978.

  • Sultan Haji Hassanal Bolkiah

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid terluas berikutnya adalah Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang berada di Filipina. Bahkan masjid ini juga menjadi yang terluas dan terbesar di Filipina karena mampu menampung sekitar 60.000 jamaah. Lokasi masjid ini berada di Cotabato City Filipina serta diresmikan tahun 2011. Pembangunan masjid ini menggunakan dana sebesar 48 juta dolar Amerika yang berasal dari Hassanal Bolkiah of Brunei Darussalam.

  • Masjid Agung Surabaya

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid ini sebetulnya memiliki nama asli Masjid Nasional Al Akbar namun lebih sering dikenal dengan nama Masjid Agung Surabaya yang diresmikan pada tahun 2000. Masjid dengan luas lahan 18.800 meter persegi ini mampu menampung 59.000 jamaah . Masjid Agung Surabaya juga memiliki menara yang dilengkapi dengan lift dan terbuka untuk umum.

  • Masjid Islamic Center Samarinda

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid yang satu ini berada di Samarinda Provinis Kalimantan Timur, Indonesia. luas masjid ini adalah 43.500 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 40.000 jamaah. Awalnya lahan masjid merupakan lahan pemotongan kayu yang dimiliki oleh PT Inhutani I namun kemudian dihibahkan pada Pemerintah Provinsi Kalimatan Utara.

  • Masjid Agung Baiturrahman

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid yang berada di Banda Aceh, Indonesia ini sudah dibangun sejak tahun 1881 dan mampu menampung sekitar 30.000 jamaah. Masjid yang menjadi ikon masyarakat Aceh ini tetap berdiri kokoh meskipun diterjang tsunami di tahun 2004 lalu.

  • Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid ini berada di Putrajaya, Malaysia dan sering dikenal sebagai Masjid Besi yang diresmikan pada tahun 2009. Dengan luas lahan total 73.795 meter persegi, masjid ini dapat menampung sekitar 34.000 jamaah.

  • Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

masjid terluas di Asia Tenggara

Masjid terluas ini berada di Shah Alam, Ibukota Selangor Malaysia. Masjid ini memiliki kubah megah berwarna biru sehingga membuat masjid ini disebut sebagai Masjid Biru dan diresmikan pada tahun 1988. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz mampu menampung sekitar 24.000 jamaah.

Itulah penjelasan mengenai 7 masjid terluas di Asia Tenggara. Selain memiliki ukuran yang sangat luas, masjid-masjid tersebut dibuat dengan desain yang sangat megah dan indah sehingga menjadi sebuah kebanggaan bagi umat Islam di masing-masing Negara Asia Tenggara tersebut. Tak lupa juga bagi anda semu bahwa jam jadwal sholat, yang kini menjadi suatu kepastian di dalam sebuah masjid sebagai patokan waktu setiap kegiatan dalam mesjid. Dengan segala ilmu pengetahuan yang kini sudah di temukan, maka pada jam mesjid sudah dapat kita lihat berupa jam digital yang keren dan modern.

Leave a Reply