Deretan Masjid Unik Di Indonesia Buatan Arsitetur Ternama

Banyak dijumpai bangunan masjid di beberapa daerah Indonesia akibat mayoirtas penduduknya beragama muslim. Beberapa daerah tersebut terdapat banyak masjid yang terlihat dengan tampilan berbeda-beda. Sebuah masjid ada yang tampil unik, indah, menawan, cantik, hingga megah seperti sebuah istana. Sebuah masjid akan tampil lebih unik apabila dibangun dengan tampilan yang tidak biasa dan berbeda dengan lainnya. Sebab, mayoritas masjid dibangun dengan tampilan mainstream seperti gedung kotak, terdapat menara atau kubah, serta ditambahi ornamen-ornamen kaligrafi. Hal itu sudah sering ditemukan pada masjid-masjid yang berada di berbagai daerah Indonesia. Masih jarang ditemukan masjid-masjid dengan bangunan unik. Biasanya masjid unik akan memiliki tampilan yang tidak biasa dari bagian luar hingga daerah terdalamnya. Keunikan dari masjid akan memberikan tampilan ciri khas yang pastinya akan membuat masyarakat tidak mudah lupa dengan bangunan tersebut.

6 Masjid Unik Di Indonesia

Di Indonesia pasti sudah sering kita jumpai masjid-masjid dengan arsitektur megah, indah dan besar. Bahkan masjid-masjid tersebut akan dicat dengan warna-warna yang berani atau terlihat adem saat dipandang pun sudah menjadi hal biasa. Jika kita menemukan masjid dengan arsitektur yang tidak biasa seperti bangunan tanpa jendela, tembok terbuat dari kaca pasti akan terlihat unik bagi orang yang melihatnya. Bukan hanya negara lain saja yang memiliki masjid-masjid unik melainkan negara Indonesia juga mempunyainya. Berikut 6 masjid unik yang ada di Indonesia buatan arsitektur ternama:

  • Masjid Apung Amirul Mukminin

masjid unik

Terletak di sekitaran pantai Losari, kota Makassar. Masjid ini tampak berbeda dan tidak biasa karena dibangun di atas air laut. Kota makassar yang terkenal dengan wisata pantai losarinya berani membangun sebuah masjid bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga bisa untuk lokasi wisata religi.

  • Masjid Raya Sumatera Barat

masjid unik

Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan rumah adat minang. Kebudayaan yang berlaku di tanah Sumatera Barat bukan hanya diterapkan pada rumah-rumah masyarakatnya saja tapi sebuah masjid raya besar juga dibangun mengingat adat istiadat disana. Tampilan masjid dengan atap khas minang membuat bangunan tersebut terlihat lebih unik atau menawan dan saat dilihat dari kejauhan tampak layaknya topi orang Sumatera Barat.

  • Bangunan Kubus Masjid Al Irsyad

masjid unik

Masjid ini baru saja dibangun tanggal 27 Agustus 2010. Berlokasi di Bandung membuat masjid mudah dijangkau dan dikunjungi oleh masyarakat dalam atau luar kota. Masjid Al Irsyad memiliki tampilan kubus dan terdapat bagian kosong tanpa batu bata yang terlihat seperti ornamen tulisan. Di dalam masjid bisa ditemukan karpet masjid yang dingin serta ada kolam dikelilingi tempat solat.

  • Masjid Tiban

masjid unik

Dinding-dinding masjidnya dipenuhi dengan keramik-keramik berwarna biru. Bagian dalam masjid memang belum semua terselesaikan pembangunannya, tapi sudah terlihat megah dan nyaman saat berlama-lama di tempat itu.

  • Masjid Perahu

masjid unik

Masjid di bangun menyerupai kapal raksasa yang terletak di Jl Casablanca, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Bagi orang pertama yang melihatnya pasti tidak mengira jika bangunan itu adalah sebuah masjid. Pembangunan masjid terinspirasi dari kisah kapal Nabi Nuh untuk menyelamatkan umat dari bak air bandang.

  • Masjid Bawah Tanah di Taman Sari Yogyakarta

masjid unik

Masjid ini terletak di bawah tanah dan terdapat banyak pintu menuju ke bagian luar. Selain itu, pada bagian tengah masjid akan ditemui tangga-tangga yang terpusat menuju ke lantai dua. Masjid berada di dekat taman sari Yogyakarta dan terbangun dari bebatuan kuno yang dipahat.

Deretan daftar masjid yang unik tersebut pasti membuat teman-teman ingin mengunjunginya. Jadi tunggu apa lagi? Segera datangi dan jangan tunda-tunda kesempatan waktu liburan. Selamat menikmati!

Leave a Reply