7 Masjid Unik Di Dunia Yang Sangatlah Mempesona

Keberadaan masjid bagi umat beragama Islam ini sangatlah diagungkan karena merupakan rumah Allah dan tempat bagi mereka untuk menunaikan ibadah sholat. Kebanyakan masjid yang ada di dunia ini dibangun dengan megah dan besar dengan keindahan yang sangatlah menawan agar dapat membuat nyaman orang-orang muslim yang sedang beribadah di dalamnya. Memang, bila Anda mencari masjid yang megah, indah dan besar ini pasti akan menemukannya dengan mudah. Namun, beda halnya bila Anda mencari masjid unik yang mempunyai keunikan tersendiri yang pastinya akan mudah diingat.

7 Masjid Unik Yang Wajib Anda Ketahui

Masjid unik yang ada di dunia ini tersebar di berbagai belahan dunia meskipun jumlahnya tidaklah sebanyak masjid yang megah dan besar tadi. Tenang saja, masjid yang memang unik tetap memancarkan keindahannya sendiri yang pasti bisa membuat Anda tetap terpersona. Berikut ini adalah tujuh masjid yang sangtlah unik yang harus Anda ketahui:

  1. Masjid Niujie, Beijing, Tiongkok

Masjid Niujie ini berdiri di sebuah lahan sebesar lebih dari 600 meter. Keunikan dari masjid ini adalah dari penampilan luarnya yang bergaya arsitektur Tiongkok Kuno. Terlebih lagi gaya Tiongkok Kuno tersebut dipadu dengan berbagai kaligrafi Islam di berbagai bagian dalam masjid tersebut.

  1. Masjid An-Nurumi, Sleman, Indonesia

Indonesia juga mempunyai masjid unik, yakni Masjid An-Nurumi yang terletak di Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Sebutan lain untuk masjid ini adalah masjid Kremin. Masjid An-Nurumi ini bangunannya menyerupai Saint’s Basil Chatedral di Rusia. Masjid ini juga mempunyai kubah yang berwarna-warni, sehingga sebutan sebagai Masjid permen pun juga disematkan. Pada bagian menaranya, terdapat berbagau tulisan ayat suci Al-Quran dengan berbagai warna.

  1. Masjid Dimaukom, Maguindanao, Filipina

7 masjid unik

Masjid Dimaukom ini mempunyai warna pink mulai dari gerbang pada masjid tersebut. Anda juga akan disuguhi tembok yang juga mempunyai warna pink pula.  Pemberian warna pink di[ilih karena warna tersebut melambangkan cinta dan sekaligus warna favorit dari istri penyumbang dana yakni Walikota Samsudin Dimaukom.

  1. Masid Dhai Seedhi Ki, Bhopal, India

Dhai Seedi Ki Masjid is one of the smallest mosques in the world, Bhopal, India

Masjid dua setengah langkah alis masjid Dhai Seedhi Ki ini merupakan salah satu masjid terkecil yanga ada di dunia. Masjid ini awalnya hanya dibangun guna dijadikan tempat sholat darurat selama terdapat pembangunan benteng di sana.

  1. Masjid Al-Bidiya, Al-Bidiya, UEA

7 masjid unik

Masjid Al Bidiya ini hanya terbuat dari bahan-bahan yang sangatlah sederhana misalnya batu, batu bata dan masih banyak lagi. Pada bagian luar darimasjid tersebut pun hanya diplester saja. Walaupun begitu, masjid ini pasti akan langsung memikat perhatian Anda sejak pertama kali Anda melihatnya.

  1. Masjid Shanke Yadem, Turki

7 masjid unik

Shanke Yadem ini merupakan bahasa Turki yang berarti “anggap saya sudah makan”. Nama tersebut dipilih karena pendirinya bukanlah orang kaya. Bila Anda pergi ke Masjid Shanke Yadem ini, Anda akan menemukan dan merasakan langsung masjid beratapkan langit dan beralaskan dengan bumi langsung.

  1. Masjid Al-Mulk, Shiraz, Iran

7 masjid unik

Masjid Al Mulk ini berselimutkan kaca patri berwarna-warni sehingga pada siang hari memantulkan matahari berwarna-warni. Selasar pada masjid tersebut juga terbuat dari batu bata ekspos krem. Ditambah lagi kubahnya yang bergaya Timur Tengah menambah keunikan masjid ini.

Demikian itulah tadi adalah tujuh masjid unik di dunia yang harus Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui ketujuh masjid tersebut, Anda tentunya bisa mengagumi segala keindahan tersendiri dari masjid tersebut yang memiliki keagungan dan daya tarik tersendiri.

Leave a Reply