Masjid Tanpa Kubah di Indonesia dengan Desain Unik

Seperti yang telah diketahui bahwa kebanyakan masjid di dunia memang memiliki kubah di bagian atapnya. Kubah yang berbentuk setengah bola yang tertelungkup tersebut memang tidak bisa dipisahkan dari kesan sebuah masjid. Tak heran jika keberadaan kubah pada sebuah masjid menjadi hal yang sangat penting. Tetapi bukan berarti masjid tanpa kubah terlihat tidak menarik serta tidak bisa dijadikan tempat ibadah. Karena kini terdapat masjid tanpa kubah di Indonesia yang justru memiliki desain sangat unik.

5 Masjid Tanpa Kubah di Indonesia

Seiring berkembangnya zaman serta adanya pengaruh kebudayaan setempat menjadikan bangunan masjid juga mengalami sedikit penyesuaian terutama di bagian atapnya. Jika kebanyakan masjid memiliki atap berbentuk kubah, namun ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk 5 masjid tanpa kubah di Indonesia berikut ini.

  • Masjid Agung Demak

masjid tanpa kubah di Indonesia
Masjid yang berada di Kabupaten Demak, Jawa Tengah ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Namun masjid ini tidak memiliki atap berupa kubah karena atapnya justru memiliki gaya berbentuk tumpuk tiga dan memiliki 1 menara. Diketahui masjid tanpa kubah ini didirikan oleh Raden Patah pada abada ke-15.

  • Masjid Agung Banten

masjid tanpa kubah di Indonesia
Masjid yang satu ini juga menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia yang menyimpan nilai sejarah. Meskipun bangunannya tidak memiliki kubah, tetapi masjid ini mempunyai menara yang unik menyerupa mercusuar. Hal ini menjadikan Masjid Agung Banten sangat mudah dikenali. Terlebih masjid ini dibuat dengan memadukan antara gaya arsitektur Jawa Hindu, Cina dan Eropa.

  • Masjid Cut Meutia

masjid tanpa kubah di Indonesia
Masjid ini sebetulnya merupakan gedung yang dimiliki oleh pemerintahan colonial Belanda. Dimana fungsi dari gedung tersebut juga berubah-ubah mulai dari sebagai kantor perusahaan pengembang Belanda, Kantor Pos Belanda hingga menjadi kantor angkatan laut Jepang. Hingga akhirnya gedung terebut menjadi masjid dan cagar budaya yang terletak di Jakarta.

  • Masjid Raya Bani Umar

masjid tanpa kubah di Indonesia
Bangunan masjid yang berada di Bintaro Tangerang ini di bangun di atas lahan seluas 1,2 hektar. Masjid ini memiliki 3 lantai namun tidak mempunyai kubah. Selain itu terdapat sebuah menara di dekat masjid yang tingginya sekitar 59 meter. Serta terdapat jam jadwal sholat yang modern, sebagai hiasan yang sangat menarik bagi setiap jamaah yang datang, dan semakin meningkatkan ke khusyukan saat beribadah di dalam masjid.

  • Masjid Al Irsyad

masjid tanpa kubah di Indonesia
Masjid yang berada di Bandung ini memiliki gaya arsitektur modern. Lebih uniknya lagi, masjid ini berbentuk seperti kubus dan tidak memiliki kubah. Bahkan masjid karya Ridwan Kamil ini pernah memperoleh penghargaan bergengsi tingkat dunia dan juga menjadi 5 besar Building of the Year pada tahun 2010. Pastinya masjid yang kokoh dan megah ini kini menjadi kebanggan bagi warga Bandung.

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid tanpa kubah di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang penasaran dengan masjid-masjid tersebut tidak ada salahnya untuk merencanakan wisata religi ke masjid-masjid tersebut yang pasti akan membuat anda terpukau.

Leave a Reply