Kubah-Kubah Masjid Tercantik di Indonesia yang Penting Diketahui

Sebuah bangunan masjid yang berdiri pasti identik dengan kubah. Kubah seakan tidak dapat dilepaskan dari bagian masjid. Sebenarnya memang ada masjid di dunia ini yang tidak memliki kubah. Namun, rata-rata masjid yang dibangun di beberapa negara akan memasangkan kubah pada bagian atap. Mungkin bagi sebagian orang awam atau non muslim yang tidak mengetahui fungsi kubah pada bangunan masjid pasti akan mengira jika bagian itu hanyalah sebuah hiasan. Pada dasarnya bagian masjid memiliki fungsi dan makna masing-masing. Begitu pula dengan kubah masjid juga memiliki fungsi dan makna tersendiri menurut orang islam.

7 Kubah-Kubah Masjid Tercantik Di Indonesia

Memang mayoritas masjid di seluruh dunia pasti memasangkan kubah pada sebuh masjid tapi ada beberapa yang tidak memakai. Sebuah kubah yang dipasangkan pada beberapa masjid pasti tak sama. Sebab, antara satu masjid dengan lainnya didirikan oleh pelopor yang berbeda dan membuat tampilan masjid pasti mempunyai ciri khas masing-masing. berikut 6 kubah masjid tercantik yang ada di Indonesia:

  • Masjid An Nurumi

kubah masjid tercantik

Belokasi di Jalan Jogja, Solo. Masjid An Nurumi termasuk masjid sederhana tapi memilikikubah cantik seperti permen lolipop warna warni. Seseorang yang mengunjunginya pasti mengira sedang berada di lokasi taman bermain bukan masjid.

  • Masjid Dian Al Mahri

kubah masjid tercantik

Masjid ini mempunyai kubah berlapiskan emas murni. Banyak orang yang sudah mengetahui masjid Dian Al Mahri karena kubah emasnya berbeda dari yang lain dan orang-orang sekali mendengar akan langsung penasaran.

  • Masjid Raya Baiturrahman

kubah masjid tercantik

Dibangun pada tahun 1612 dan masih kokoh hingga sekarang walaupun pernah hampir terseret ombak tsunami pasca bencana melanda di daerah Naggroe Aceh Darussalam. Masjid ini identik dengan kubah berwarna hitam dan seluruh tembok bewarnakan putih membuat lebih elegan dan cantik saat dipandang.

  • Masjid Islamic Center Samarinda

kubah masjid tercantik

Saat berkunjung di masjid Islamic Center Samarinda serasa tidak sedang berada di Indonesia. Sebab, suasana masjid yang identik warna coklat keemasan dan kubah berwarna hijau kebiruan dengan motif. Biasanya masjid dengan warna-warna itu sering ditemui di daerah Arab atau negara bagian timur.

  • Masjid Raya Al-Azham

kubah masjid tercantik

Masjid ini memiliki kubah terbesar di Indonesia dengan diameter sebesar 63 meter. Kubah dari masjid Al Azham identik dengan warna biru laur dan bermotifkan zig zag yang berwarna hijau. Jika dilihat-lihat lebih cermat, kubah masjid tampak seperti telur bebek.

  • Masjid Agung Di Tuban

kubah masjid tercantik

Masjid ini terdapat kubah berwarna biru bermotifkan silang-silan warna kuning. Ditambah dengan nuansa menara membuat masjid lebih tampak seperti wahana wisata Walt Disney. Warna-warna yang dipakai oleh masjid Agung Tuban lebih berani mengkombinasikan warna dibanding dengan masjid dari daerah lain.

  • Masjid Rahmatan Lil Alamin di Indramayu

kubah masjid tercantik

Jika terlihat dari kejauhan tampak masjid seperti tidak terawat. Tapi, interior tersebut merupakan ciri khas yang ingin ditampilkan oleh masjid tersebut. Uniknya lagi masjid Rahmatan Lil Alamin memiliki kubah bewarna abu-abu atau tanpa dicat. Pada masjid terdapat 1 kubah besar dan ditemani 2 kubah kecil.

Masjid-masjid dengan 7 kubah tersebut memang sengaja dirancang untuk mengungkapkan sebuah makna kepada publik ataupun hanya sekedar menarik jamaah agar lebih sering menunaikan ibadah solat di tempat itu. Bahkan saat mendirikan masjid pun sudah direncanakan untuk memberikan kenyamanan dan kesejukan para jamaan saat berkunjung. Salah satunya sajadah masjid yang ditempatkan pada bagian dalam akan dipilih dari bahan paling bagus agar jamaah betah berdiam diri saat menunaikan ibadah.

Leave a Reply