Masjid Peninggalan Wali Songo di Masa Penyebaran Islam di Pulau Jawa

Bagi umat Islam di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok wali songo. Dimana wali songo merupakan tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa yang terjadi sekitar abad ke-14. Terdapat beberapa wilayah di Jawa yang menjadi lokasi penyebaran agama Islam. Lokasi tersebut juga memiliki peninggalan wali songo yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Bahkan masjid peninggalan wali songo tersebut banyak dijadikan sebagai destinasi wisata religi oleh masyarakat Indonesia.

5 Masjid Peninggalan Wali Songo di Jawa

masjid peninggalan wali songo

Pada masa penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh wali songo terjadi peralihan era Hindu-Budha yang kemudian digantikan dengan agama Islam. Tentu hal ini ternyata membawa pengaruh pada sejumlah bangunan masjid peninggalan wali songo tersebut. Bahkan bangunan masjid-masjid tersebut memiliki desain bangunan yang unik dan bercorak akulturasi. Berikut 5 masjid yang menjadi peninggalan wali songo di Jawa yang perlu anda ketahui.

  1. Masjid Menara Kudus
    Masjid Menara Kudus adalah masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 956 Hijriah atau 1549 Masehi. Diketahui bangunan masjid ini dibangun menggunakan batu yang berasal dari Baitul Maqdis Palestina yang menjadi batu pertama pembangunan masjid ini. Keunikan dari masjid Menara Kudus ini adalah arsitekturnya bergaya Hindu yang bertujuan menghormati masyarakat sekitar yang kala itu banyak yang memeluk agama Hindu.
  2. Masjid Agung Demak
    Masjid Agung Demak merupakan masjid yang dibangun oleh Raden Patah atau raja pertama Demak pada abad ke-15. Masjid yang berlokasi di Demak Jawa Tengah ini dahulu dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para wali untuk membahas penyebaran Islam di sekitar wilayah Demak. Bahkan bangunan masjid ini juga mempunyai 4 tiang yang terbuat dari serpihan kayu.
  3. Masjid Agung Banten
    Masjid Agung Banten didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang tak lain adalah putra Sunan Gunung Jati. Masjid ini juga memiliki keunikan adanya sebuah kubah bertumpuk 5 yang menyerupai pagoda Cina. Ternyata arsitek masjid tersebut merupakan orang Cina yang bernama Tjek Ban Djut. Selain itu menara masjid ini memiliki tinggi sekitar 24 meter dan diameter bawahnya 10 meter.
  4. Masjid Sang Cipta Rasa di Cirebon
    Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati di tahun 1478 Masehi. Masjid yang berada di Cirebon ini memiliki keunikan yaitu adzan yang dikumandangkan oleh 7 orang secara bersamaan yang bisa menjadi simbol kekuatan umat Islam.
  5. Masjid Sendang Duwur
    Konon masjid ini dipercaya merupakan masjid yang di boyong dari Jepara menuju bukit Amitunon di Lamongan oleh Sunan Sendang Duwur atau Raden Noer Rahmad dalam waktu satu malam. Hingga saat ini masjid Sendang Duwur masih berdiri kokoh dan bisa menjadi destinasi wisata religi.

masjid peninggalan wali songo

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid peninggalan wali songo yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang penasaran dengan masjid-masjid ini segeralah untuk mengunjungi dan buktikan sendiri keunikan serta nuansa Islami di masjid-masjid ini yang terasa begitu kental meskipun sudah berusia ratusan tahun.

Leave a Reply