Berikut ini 6 Masjid Bersejarah Di Indonesia Paling Tersohor

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah umat islam yang paling banyak di dunia. Maka dari itu keberadaan masjid yang memang digunakan untuk menunaikan ibadah sholat ini jumlahnya sangatlah banyak dan tersebar dari sabang sampai merauke. Tentunya, dari sekian banyak masjid yang ada di Indonesia ini, ada beberapa masjid yang memang sangatlah bersejarah bagi Indonesia. Masjid bersejarah di Indonesia ini tak hanya menjadi tempat yang sakral namun juga menjadi tempat yang berjasa dan bersejarah bagi munculnya peradaban Indonesia.

6 Masjid Bersejarah di Indonesia

Di Indonesia ini, memang keberadaan masjid bersejarah bisa dibilang lumayan banyak mengingat perjuangan keberdekaan melawan penjajah sangatlah panjang. Namun, berikut ini adalah 6 masjid bersejarah di Indonesia yang setidaknya harus Anda ketahui:

  1. Masjid Raya Medan

6 masjid bersejarah

Masjid Raya Medan ini dibangun oleh Sultan MA’mun Al Rasyid Perkasa Alam. Masjid tersebut mempunyai tampilan yang sangtlah megah karena oleh Sultan tersebut, masjid ini harus lebih indah daripada istana yang dipunyainya, yakni istana Maimun. Maka dari itulah berbagai bahan bangunan dan juga dekorasi dei masjid ini banyak diimpor dari luar negri.

  1. Masjid Istiqlal

6 masjid bersejarah

Masid Istiqlal ini merupakan masjid yang terbesar di Asia Tenggara yang diarsitekki oleh seorang arsitek beragama Kristen, Frederich Silaban. Nama Istiqlal pada masjid tersebut diambil dai bahasa arab yang berarti “kemerdekaan”. Masjid tersebut dibangun di atas sebuah benteng Belanda, yakni Benteng Prins Frederik yang telah runtuh.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Pada jaman penjajahan Belanda pada tahun 1873 ini, masjid Raya Baiturrahman pernah dihancurkan. Namun, tahun 1877, masjid ini kembali dibangun oleh Belanda sebagai permintaan maaf karena telah menghancurkan bangunan Masjid Raya Baiturrahman yang terdahulu. Masjid ini tidak rusak sedikitpun saat Tsunami melanda Aceh pada 2004 silam dan masih berdiri tegak sampai saat ini.

  1. Masjid Raya Ganting

6 masjid bersejarah

Masjid Raya Ganting ini berada di daerah Ganting, Padang, Sumatra Barat. Atap dari masjid tersebut mempunyai bentuk persegi delapan yang khusus dibuat oleh para pekerja etnis Cina yang turut membantu dalam membangun masjid tersebut. Masjid ini juga tetap berdiri dengan kokoh walaupun sempat terguncang gempa dan tsunami tahun 1833 silam.

  1. Masjid Agung Cirebon

Masjid Agung Cirebon ini mempunyai tiga nama sebutan lain, yakni Masid Agung Kasepuhan, Masjid Snan Gunung Jati serta Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini diprakarsai oleh Sunan Gunung Jati dan arsiteknya merupakan Sunan Kalijaga. Masjid ini mempunyai sembilan pintu untuk bisa masuk kedalamnya yang merupakan pralambang dari Wal Songo. Air sumur pada masjid tersebut diyakini mampu mengobati berbagai penyakit.

  1. Masjid Agung Demak

6 masjid bersejarah

Masjid Demak ini didirikan pada tahun 1466  oleh Raten Patah dan Wali Songo. Masjid ini ditopang oleh tiang utama yang jumlahnya empat yang bernama Saka Guru. Yang unik dari masjid ini adalah salah satu tiang utama tersebut ada yang memang terbuat dari serpihn kayu yang dianamakan saka latal. Tepat disamping masjid tersebut terdapat Museum Masjid Agung Demak yang koleksinya sangatlah lengkap

Demikianlah itu tadi merupakan 6 masjid bersejarah di Indonesia yang harus Anda ketahui. Nantinya, setelah Anda mengetahui keenam masjid bersejarha tersebut, Anda bisa menjadikannya rekomendasi trip untuk pergi ke sana dan juga mengagumi karya luar biasa masjid yang juga penuh dengan nilai sejarah yang kental tersebut.

Leave a Reply