March 29, 2020
  • 5:43 am Sejumlah Masjid Tetap Laksanakan Sholat Jum’at Dibawah Protokol Kesehatan
  • 4:41 am Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona
  • 4:41 am Peran Masjid dalam Melestarikan Lingkungan
  • 3:52 am Donald Trump Sebut Masjid Al-Aqsa dengan Masjid Aqua, Bagaimana Fakta Masjid ini Sesungguhnya?
  • 4:08 am Plang ‘Parkir Khusus Muslim’ Viral, Polisi Temui Pengurus Masjid
Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona

Pasca penyebaran Virus Corona yang tak terkendali hingga menjangkau puluhan Negara di Dunia, tentu masyarakat pun menjadi cemas dan merasa tidak aman saat beraktivitas di luar ruangan.

Virus Corona sendiri pada akhirnya menyerang Indonesia pertama kali pada dua orang anggota keluarga yakni ibu dan anak di Depok. Setelah itu tentu masyarakat makin parno walaupun pemerintah terus menghimbau untuk tidak panic dan tetap fokus untuk menjaga kesehatan .

Meski sebagian masyarakat merasa panic, tak sedikit pula yang merespon dengan cara yang positif. Salah satunya, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang melakukan ikhtiar dhohir guna membuat jemaah merasa tenang dan nyaman saat beribadah.

Saat dikunjungi langsung ke lokasi, tampak petugas kebersihan masjid melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan anti bakteri (etanol) ke karpet masjid. Selain itu, ada alat vakum cleaner yang digunakan untuk menyedot kotoran dan debu.
 

Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona

Tingkatkan Intensitas Kebersihan Masjid


Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor membenarkan aktivitas bersih bersih yang di lengkapi dengan cairan anti bakteri tersebut. Menurut keterangan Helmy,  rutinitas menjaga kebersihan tersebut memang telah menjadi SOP Masjid Al-Akbar selama ini.

“Sebenarnya setiap hari kita juga melakukan hal tersebut guna menjaga kesucian dan kebersihan masjid. Kita lakukan pembersihan mulai dari karpet, rak kitab Al-Quran, aksesoris masjid, air cooler hingga kulkas yang digunakan jemaah untuk mengambil air mineral,” ujar Helmy.

Namun agak berbeda seperti biasanya, Helmy menjelaskan jika dulu sebelum heboh mengenai virus corona, petugas kebersihan Masjid Al-Akbar standarnya melakukan bersih-bersih sebanyak dua kali dalam sehari. Namun begitu heboh, Masjid Al-Akbar menambah intensitas bersih-bersih menjadi 5 kali dalam sehari.

“Ya sekarang setiap satu jam sebelum salat wajib, kita akan bersihkan. Kita semprotkan juga etanol ke karpet sejam sebelum salat, guna jemaah nyaman dan tenang beribadah di sini,” tandasnya.

Rutinitas membersihkan Masjid Al-Akbar selama 5 kali dalam sehari diakui Helmy dilakukan sejak wabah corona menghebohkan dunia guna menjamin kebersihan sekaligus memberi rasa nyaman kepada para jamaah.

Tidak hanya menjaga kebersihan fisik saja. Masjid Al-Akbar juga melakukan ikhtiar secara rohani. Menurut Helmy untuk ikhtiar batin saat ini, setiap imam di Masjid Al-Akbar wajib membaca doa khusus agar dijauhkan dari corona. Doa khusus tersebut merupakan imbauan langsung dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Itu imbauan dari Bu Gubernur. Untuk khotbah juga, ceramah pagi, wajib untuk memunculkan optimisme bahwa negara kita, wilayah kita aman dan terbebas dari corona, agar jemaah juga optimis dan yakin, bahwa insyaallah virus tersebut tidak akan mendekat,” pungkasnya.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT