April 6, 2020
  • 5:04 am Cegah Covid-19. Masjid Agung Kota Solo Terapkan Social Distancing Saat Shalat
  • 5:43 am Sejumlah Masjid Tetap Laksanakan Sholat Jum’at Dibawah Protokol Kesehatan
  • 4:41 am Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona
  • 4:41 am Peran Masjid dalam Melestarikan Lingkungan
  • 3:52 am Donald Trump Sebut Masjid Al-Aqsa dengan Masjid Aqua, Bagaimana Fakta Masjid ini Sesungguhnya?

Masjid Untuk Lansia Di Beji Timur Depok– Masjid yang memiliki konsem trendi namun ramah lansia di Beji Timur telah diresmikan oleh wali kota depok Mohammad Idris pada 16 Desember.

Masjid yang di beri nama Masjid Baiturrahim ini berdiri diatas tanah yang memiliki luas 2.500 meter persegi serta memiliki tiga lantai.

“Saya mengapresiasi atas pembangunan kembali masjid Baiturrahim dan berharap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.” Ujar Walikota Depok di dalam sambutannya saat meresmikan masjid tersebut.

Selain itu dirinya juga berharap agar keberadaan masjid baiturrahim tersebut bisa menjadi motivasi bagi masjid masjid lain yang ada di kota depok.

“semoga menjadi inspirasi untuk membangun dan merawat menjadi tempat ibadah yang nyaman dan ramah lansia” tambahnya.

Seperti yang di ketahui bahwa masjid yang telah banyak dibangun di sekitar kita umumnya adalah masjid masjid umum yang digunakan untuk ibadah. Adapula salah satu pengembangan masjid yang ramah lingkungan dan sering di sebut eco-masjid. Namun tak banyak yang mengusung tema masjid ramah lansia.

Padahal seringkali kita jumpai para lansia makin semangat untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada tuhan, salah satunya dengan beribadah di Masjid. Namun sayang dengan keterbatasan para lansia yang umumnya memiliki fisik lemah atau kekurangan dalam hal hal tertentu, kegiatan ibadah jadi kurang maksimal dan terganggu.

Dengan hadirnya masjid ramah lansia, tentunya memberi harapan sekaligus inspirasi bagi para lansia serta pengurus masjid di tempat lain untuk lebih memperhatikan kebutuhan jamaah yang beribadah di tempat tersebut.

Tentang Masjid Batiurrahim

Masjid Untuk Lansia Di Beji Timur Depok

Masjid Untuk Lansia Di Beji Timur Depok– Menurut Ketua Yayasan Bina Umat Baiturrahim, Ustad Napis Kurtubi, masjid Baiturrahim sebelumnya telah ada sejak tahun 1976 dan berdiri diatas lahan seluas 700 meter persegi saja. Kemudian pada tahun 2014 barulah di lakukan pembangunan ulang hingga terbangunlah masjid yang ramah lansia tersebut.

“Alhamdulillah kita menyelesaikan pembangunan kembali Masjid Baiturrahim yang menelan anggaran Rp 7,8 Miliar. Konstruksi kekinian dirancang untuk ramah lansia dan disabilitas” ungkap Ustad Napis

Bangunan masjid yang telah terbangun kini memiliki basement yang didalamnya telah dibangun klinik kesehatan dan juga ruang serbagun, adapula ruang utama lantai satu dan juga lantai dua.

“Klinik kesehatan bagi masyarakat merupakan kerjasama dengan pihak terkait seperti FKM UI.sedangkan ruang serbaguna, diperuntukkan untuk kegiatan seperti, pelatihan dan juga seminar”

Rencananya, pihak pengurus juga akan membangun SDM masyakarat sekitar. Caranya antara lain dengan menyusun program dasar kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan, pendidikan atau diniyah serta penguatan ekonomi dengan membentuk koperasi syariah. Tak lupa juga aka nada pengembangan seni dan budaya mengenai islam. “Harapannya masyaraka

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT