December 1, 2020
  • 7:47 am Viral Masjid Al Makmur Laweyan, Tak Pernah Gelar sholat Jumat
  • 7:38 am Masjid Presiden Joko Widodo dibangun di Abu Dhabi
  • 2:52 am Selama Ramadhan, MUI Jatim Ingin Masjid Tetap Buka Walau PSBB
  • 3:19 am Jadi Tempat Produksi Masker Virus Corona, Berikut Profil Masjid Shah Cheragh di Iran
  • 5:04 am Cegah Covid-19. Masjid Agung Kota Solo Terapkan Social Distancing Saat Shalat
Masjid Presiden Jokowi Juga Akan Dibangun Di Abu Dhabi

Hubungan Indonesia dan UEA diketahui telah terjalin baik selama bertahun-tahun. Bahkan semakin menguat semenjak Presiden Jokowi terpilih menjadi Presiden.

Bentuk kedekatan tersebut tak hanya diwujudkan dari kerjasama antar kedua negara saja. Akan tetapi juga terlihat dari rasa saling menghormati antar petinggi negara.

Beberapa waktu lalu, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, telah memerintahkan untuk membangun sebuah masjid yang dinamai dengan nama Presiden Indonesia Joko Widodo. Masjid dibangun di Area Diplomatik Abu Dhabi.

Tak hanya masjid saja, sebelumnya Syekh Mohammed telah mengganti nama jalan Al Ma’arid salah satu jalan utama ibu kota, dengan nama Presiden Indonesia saat ini, untuk menghormati Joko Widodo.

Dilansir dari Emirates News Agency, Jumat (23/10/2020),penggantian nama jalan tersebut dilakukan sebagai pengakuan dan apresiasi atas kedekatan persahabatan Presiden Indonesia dengan UEA.

Hal itu juga diharapkan dapat mempererat hubungan kedua negara di berbagai bidang, termasuk ekonomi, perdagangan dan pembangunan.

Penggantian nama jalan Presiden Joko Widodo tersebut dilakukan pada sebuah upacara yang bertepatan dengan peringatan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden Indonesia.

Lokasi Masjid Presiden Joko Widodo

Pemerintah UEA Resmikan Nama Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi -  kumparan.com

Terkait pembangunan Masjid Presiden Joko Widodo, KBRI Abu Dhabi memberikan penjelasan

“Dalam sebuah video singkat, Duta Besar RI utk Uni Emirat Arab Husin Bagis menyapa publik luas Kamis (22/10) dan berbagi informasi ttg rencana pembangunan Masjid Presiden Joko Widodo di kawasan diplomatik/Embassy Area di Abu Dhabi. Simak videonya hingga tuntas,” tulis KBRI Abu Dhabi di akun resmi @kbriabudhabi 

Menurut informasi dari KBRI Abu Dhabi, berita tentang peresmian jalan serta masjid presiden Joko Widodo ini mendapat banyak sorotan dari media asing.

“Peresmian jalan dan rencana pembangunan masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi sempat viral di media sosial dan ramai diberitakan media dalam dan luar negeri. Tdk terkecuali media di UEA. Sejumlah media lokal, baik cetak maupun elektronik turut memberitakannya,” unggah @kbriabudhabi tertanggal 22 Oktober.

Hubungan yang erat dan terjaga dengan saling menghormati ini menunjukkan pentingnya berkolaborasi di berbagai bidan.

Tak hanya politik saja melainkan juga bidang ekonomi, perdagangan, pembangunan, atau kemanusiaan guna memajukan kedua negara.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT