December 11, 2019
  • 7:29 am Masjid Di Negara Minoritas Muslim
  • 7:06 am Berkunjung Ke Masjid Al-Aqsa? Ketahui 3 Hal Penting Ini
  • 3:19 am Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?
  • 3:59 am Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih
  • 4:08 am Masjid Raya Roma di Negara Minoritas Islam
Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih

Masjdi 99 kubah yang di bangun di Kawasan Center Point Of Indonesia (CPI) Jl Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar akan di lanjutkan pembangunannya pada tahun 2020 mendatang.

Masjid yang pembangunannya di lakukan tak jauh dari anjungan pantai losari Makassar itu harus di tangguhkan sementara sebab butuh biaya yang lebih besar.

Pada tahun 2020 nanti, rencananya Masjid 99 Kubah akan fokus pada pembangunan pelataran suci yang mampu menampung 10 jamaah. Tidak hanya itu, namun juga akan di  bangun kantor pengelola masjid, tempat wudhu dan juga toilet masjid.

“Oh Iya, selain pembangunan konstruksi nanti, juga kita lanjutkan pembangunan 17 kbah” ungkap Kepala Dinas Pengelola Sumber Data Air (PSDA) Sulse, Andi Darmawan Bintang yang merupakan leading sector pembangunan masjid 99 kubah

Pihaknya telah mengusulkan rencana anggaran untuk kelanjutan pembangunan masjid sebesar Rp. 32 Miliar ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemprov Sulawesi Selatan.

Namun usulan anggaran itu belum mencakup biaya untuk tahap finishing masjid yang pasti juga butuh biaya besar. Untuk itu rencanaya tahun berikutnya pihaknya akan kembali mengusulkan anggaran ke pemerintah. Untuk tahap finishing kurang lebih akan mengusulkan anggaran Rp 40 Miliar. Sehingga jika di jumlah anggaran yang di butuhkan sebesar Rp 72 Miliar.

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sendiri mengatakan pihaknya memang sengaja menangguhkan bangunan karena akan di lakukan audit fisik berhubungan dengan pergantian pimpinan di provinsi Sulawesi selatan

Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih

Bantuan Anggaran Dari Pemerintah Pusat

Saat memantau proses pembangunan masjid 99 kubah, Nurdin Abdullah sempat menjanjikan kepada masyarakat bahwa masjid ini baru bisa di operasikan tahun 2020

Padahal sebelumnya ia pernah berkata bahwa pada moment ramadhan 1440 H, masjid akan di operasikan sementara.

Namun nampaknya hal itu tidak bisa tercapai sebab ada banyak factor. Salah satunya karena fisik masjid yang belum siap dan bahkan belum masuk tahap finishing.

Agar kedepannya pelaksanaan pembangunan masjid dapat berjalan lancer, Nurdin mengaku akan bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan pembangunan masjid yang di desain oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Menurut Nurdin jika hanya mengandalkan anggaran APBD Provinsi Sulsel saja hal itu akan menyebabkan pemerintah terlalu terbebani

Untuk itu dengan melakukukan kolaborasi dirinya berharap agar ada kemudahan berupa bantuan dana dari pemerintah pusat

Tak hanya gubernur Sulawesi Selatan saja, pernyataan tersebut juga di amini oleh Koordinator Internal Pelaksana PT. Fatimah Indah Utama, Nawir.

Sementara saat pembangunan di hentikan, masjid 99 kubah akan berada dalam tahao audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan.

Audit tersebut merupakan permintaan dari gubernur sendiri yakni HM Nurdin Abdullah denga tujuan untuk melakukan esksistensi anggaran pembangunan masjid 99 kubah tersebut.

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT