August 10, 2020
  • 2:52 am Selama Ramadhan, MUI Jatim Ingin Masjid Tetap Buka Walau PSBB
  • 3:19 am Jadi Tempat Produksi Masker Virus Corona, Berikut Profil Masjid Shah Cheragh di Iran
  • 5:04 am Cegah Covid-19. Masjid Agung Kota Solo Terapkan Social Distancing Saat Shalat
  • 5:43 am Sejumlah Masjid Tetap Laksanakan Sholat Jum’at Dibawah Protokol Kesehatan
  • 4:41 am Upaya Masjid Al-Akbar Surabaya Jaga Kebersihan, Lawan Virus Corona
Donald Trump Sebut Masjid Al-Aqsa dengan Masjid Aqua, Bagaimana Fakta Masjid ini Sesungguhnya

Tentu masih segar di ingatan seluruh umat muslim di dunia bagaimana Presiden AS Donald Trump kesalahan saat menyebut salah satu nama masjid paling penting bagi Islam. Dalam sebuah acara pidatonya, Trump salah menyebut Masjid Al Aqsa dengan Masjid Al Aqua.

Masjid Al Aqsa sendiri merupakan sebuah situs penting bagi umat Islam yang terletak di Yerusalem. Masjid ini berdiri di kompleks peribatadan paling suci bagi 3 agama di dunia: Yahudi, Islam dan Kristen.

Dilansir dari detikTravel, berikut ini merupakan fakta-fakta mengenai masjid Al-Aqsa yang wajib di ketahui bagi seorang muslim. Apa saja itu? Simak pembahasannya di bawah ini.


Donald Trump Sebut Masjid Al-Aqsa dengan Masjid Aqua, Bagaimana Fakta Masjid ini Sesungguhnya?

Fakta Menarik Masjid Al-Aqsa

1. Kiblat Pertama Umat Muslim Sebelum Nabi Muhammad mendapat wahyu untuk merubah arah kiblat ke K’bah, awalnya Masjid Al-Aqsa adalah kiblat pertama bagi umat Muslim. Akhirnya pada 17 bulan setelah hijrah barulah turun perintah untuk memindah kiblat ke Ka’bah di Masjidil Haram.

Menurut kepercayaan orang Yahudi, tempat yang sekarang menjadi Masjid Al-Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya Bait Suci pada masa lalu.

Masjid Al-Aqsa memang masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan para nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama.

2. Masjid ke-2 di Dunia

Saat ini jumlah masjid yang di bangun di seluruh dunia sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Apalagi di Indonesia yang mayoritas beragama islam dan menjadi negara dengan jumlah muslim terbesar didunia.

Namun tahukah anda bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia?

Dalam hadis Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim berkata:

“Aku bertanya, Wahai Rasulullah, Masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab “Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi “Kemudian (Masjid) mana ?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjidil Aqsa”. Aku bertanya lagi “Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?” Beliau menjawab “Empat puluh tahun” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

3. Arsitektur Masjid yang Mempesona

Sebagai salah satu destinasi wisata religi dan selalu di kunjungi oleh umat muslim dari berbagai negara, Masjid Al-Aqsa memang memiliki keindahan desain arsitektur yang indah. Bangunan masjid ini memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan modern.

Masjid Al Aqsa dihiasi 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagian besar ruangan Majid Al-Aqsa didominasi marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang terlihat anggun. Masjid ini memiliki 7 lorong yang ditunjang oleh tiang-tiang melengkung bergaya hypostyle nave. Interior kubah dicat mengikuti dekorasi khas era abad ke-14.

Kubah masjid dulu terbuat dari batu yang dibangun langsung oleh Abdul Malik bin Marwan. Namun sekarang sudah diganti oleh Azh-Zahir dengan desain terbaru yaitu kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah.


4. Tempat Persinggahan Isra Mi’raj

Salah satu yang membuat masjid ini sangat penting bagi sejarah umat islam adalah fakta ketika terjadi Peristiwa Isra Mi’raj yang disebutkan di dalam Al-qur’an Surat Al-Isra ayat pertama.

Isra mi’raj sendiri merupakan muzijat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, yaitu ketika Rasulullah dipertemukan langsung dengan Sang Pencipta.

Rasulullah didampingi Malaikat Jibril dengan mengendarai Buraq, berangkat dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Di kawasan Al-Aqsa inilah, Buraq itu melintas melalui sebelah dinding barat Masjid Al-Aqsa sebelum naik ke langit menuju Sidratul Muntaha, berjumpa dengan Allah SWT.

5. Masjid yang Diberkahi

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat diutusnya Nabi. Maka dari itu Allah memberikan kelebihan berkah untuk tempat ini.

Adapun bukti keberkahan dari Allah itu ialah tanahnya yang subur,hasil pertanian yang melimpah, sungai yang berkah sehingga dapat menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan dan juga mengandung aneka bahan tambang di dalamnya.

Berkah berkah dari Allah tersebut mata pencaharian penduduk sekitar pun terjamin

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT