December 11, 2019
  • 7:29 am Masjid Di Negara Minoritas Muslim
  • 7:06 am Berkunjung Ke Masjid Al-Aqsa? Ketahui 3 Hal Penting Ini
  • 3:19 am Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?
  • 3:59 am Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih
  • 4:08 am Masjid Raya Roma di Negara Minoritas Islam

Salah satu masjid yang paling bersejarah di dalam sejarah peradaban Islam adalah masjid Al-Aqsa. Masjid yang terletak di tanah Yerusalem dan dekat dengan Palestina dan Israel ini merupakan tempat bersejarah yang di selalu di sebutkan dalam perjalanan isra mi’raj Nabi Muhammad Saw.

Apakah anda tertarik pergi ke masjid Al-Aqsa?

Akan tetapi jika teringat masjid ini terletak di kota yang selalu di warnai konflik, peperangan hingga menelan korban jiwa, tentu keinginan tersebut terkubur dalam-dalam.

Lalu sebenarnya apa saja hal hal yang perlu di ketahui tentang masjid ini? Simak pembahasannya di bawah ini.

Mengapa Tak Semua Muslim Boleh Masuk?

Jika berkunjung ke Al-Aqsa, anda akan melihat gerbang masuk menuju pelataran Al-Aqsa di jaga oleh sejumlah polisi Israel. Jika hendak masuk, anda akan di Tanya terlebih dahulu asal negara.

Jika anda berasal dari negara Arab, akan di interogasi lebih lama lagi oleh petugas.

Jika ingin lebih mudah masuk, maka sebaiknya gunakan pakaian muslim seperti jubbah atau penutup kepala untuk pria. Akan tetapi teradpat pengecualian apabila anda memiliki penampilan orang arab dan orang kulit puith.

Menurut kesaksian pasangan yang pernah berkunjung kesana. Jika ingin masuk ke sana haruslah mengucap Syahadat terlebih dahulu untuk dapat di pastikan orang yang berkunjung adalah seorang muslim.

Orang orang berpendapat jika posisi Al Aqsa menjadi barang rebutan di muka bumi terutama setelah adanya tekanan dari pihak ekstremis Yahudi yang ingin Isrel menguasai sepenuhnya tanah Palestina, Al-Aqsa. Sebab mereka percaya jika di tempat itulah nanti kuil Sulaiman akan kembali di bangun.

Berkunjung Ke Masjid Al-Aqsa? Ketahui 3 Hal Penting Ini

Menurut pengakuan dari media masaa, Israel memberlakukan kebijakan dan aturan yang ketat agar dapat menjafa kemanan situasi di tempat itu. Pasalnya seing ada pertikaian antar warga Israel dan Palestina.

Ada beberap acara yang di lakukan oleh pemerintah Israel untuk menekan jumlah warga Palestine ke daerah Al-Aqsa. Yang paling terkenal adalah pembangunan tembok pemisah di kawasan tepi barat tahun 2000.

Hanya penduduk Palestine berusia lebih dari 50 tahun yang bileh masuk ke Al-Aqsa. Namun bagi warga Yerusalem , hanya pada hari jumat dan hari raya saja mereka di perbolehkan shalat di masjid Al-Aqsa

Siapa Pelindung Masjid Al-Aqsa ?

Kota tua Yerusalem yang merupakan tempat keberadaan Masjid Al Aqsa mendapat pengakuan sebagai Warisan dunia oleh UNESCO . Kota ini di bagi menjadi empat wilayah yakni Kristen, Yahudi, Muslim dan juga Armenia.

Akan tetapi pernah di laporkan oleh sejumlah media di timur tengah, Israel telah melakukan penyalahgunaan kekuasaan yang Ilegal di sebelah timur. Mereka melanggar sejumlah prinsip hokum dan membuat pemukiman penduduk di wilayah Muslim.

Kompleks Al Aqsa berada sepenuhnya di bawah kerajaan Yordan pada tahun 1948. Namun di tahun 1967, setelah terdapat kesepakatan antara Kerajaan Yordan dan Israel, akhirnya di bagilah tanggung jawab perlingungan dan pemeliharaan. Pada akhirnya Israel berta

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT