December 11, 2019
  • 7:29 am Masjid Di Negara Minoritas Muslim
  • 7:06 am Berkunjung Ke Masjid Al-Aqsa? Ketahui 3 Hal Penting Ini
  • 3:19 am Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?
  • 3:59 am Masjid 99 Kubah Belum Selesai, Butuh Anggaran Lebih
  • 4:08 am Masjid Raya Roma di Negara Minoritas Islam
Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?

Masjid sepi pengunjung-Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang memeluk agama islam terbanyak di dunia. Jumlah tersebut lebih banyak di banding negara islam seperti Arab, Pakistan,Malaysia dan lain lain. Fakta tersebut mendukung fakta lain di Indonesia yang lain yakni jumlah masjid yang fantastis.

Masjid sepi pengunjung- Masjid sangat mudah di temui di Negara Indonesia yang luas dan memiliki jumlah penduduk yang banyak . Masjid-masjid itu di kategorikan lagi berdasarkan peraturan dari kementrian agama sehingga bisa lebih memiliki nilai dan fungsi yang tepat.

Berdasarkan klasifikasi tersebut, terdapat jenis masjid seperti masjid jami, masjid besar, masjid agung, masjid institusi, hingga mushola yang sering ada di lingkungan pemukiman warga.

Namun apakah semua masjid yang di bangun dapat memaksimalkan fungsi nya sebagai tempat ibadah yang memberi fasilitas bagi umat muslim lainnya?

Fakta yang terjadi, kita sering menemui masjid dalam berbagai kondisi. Ada masjid yang di kelola dan diurus dengan baik oleh takmir masjid, namun ada pula masjid yang seolah kurang terawat sehingga membuat orang tidak nyaman untuk melaksanakan ibadah di tempat itu atau sekedar berkunjung.

Masjid sekelas masjid agung, masjid jami dan masjid besar pada umumnya selalu memiliki kondisi fisik yang baik sebab memiliki system pengelolaan yang berjalan baik. Namun kondisi masjid yang kurang terawat biasanya  sering menimpa masjid di bawahnya termasuk mushola.

Meski begitu sebenarnya merawat dan memakmurkan masjid adalah tanggung jawab bersama bagi umat islam. Sehingga perlu di lakukan upaya tertentu agar masjid selalu berada dalam kondisi yang layak dan baik.

Hal Yang Membuat Masjid Ramai di Kunjungi

Banyak Masjid Tapi Sepi Pengunjung?

Jika ingin membuat masjid ramai di kunjungi bisa coba terapkan 3 hal di bawah ini.          

  1. Punya Program Rutin (Kajian/TPA)

Selain di gunakan untuk ibadah, masjid juga bisa di jadikan sebagai sarana pendidikan bagi umat islam. Jika ingin menarik minat masyarakat agar tertarik berkunjung ke masjid para pengurus bisa mencoba dengan membuat sebuah kegiatan rutin.

Salah satu rahasia masjid selalu ramai di kunjungi adalah karena masjid tersebut menawarkan sesuatu yang lain bagi masyarakat, yakni memberikan pendidikan gratis.

Pengurus bisa coba membuat kajian rutin tiap minggu ataupun kegiatan TPA

rutin tiap minggu ataupun kegiatan TPA

  • Memiliki Bangunan Yang Nyaman

Tidak harus memiliki bangunan yang besar dan mewah untuk membuat msjid ramai dikunjungi, rahasia nya adalah menghadirkan rasa nyaman bagi para jamaah atau orang yang datang berkunjung ke tempat tersebut.

Rasa nyaman itu di dapatkan pertama dengan kebersihan area masjid secara kasat mata. Tak hanya itu perhatikan hal hal penting seperti kebersihan kamar mandi dan alat sholat yang tersedia.

Bagi para musafir yang terbiasa beristirahat atau mendirikan sholat di tempat ibadah umum, mereka akan memilih masjid yang tampak bersih dan nyaman tanpa terlalu memperhitungkan keindahan bangunan maupun besar kecilnya masjid

  • Letaknya Strategis

Setiap kali proses pembangunan masjid di lakukan, tentu telah memperhitungkan berbagai hal selain bentuk dan desain masjid. Salah satunya juga mempertimbangkan lokasi berdirinya masjid tersebut.

Umumnya masjid di dirikan di dekat lokasi pemukiman warga ataupun di area yang ramai dengan aktivitas masyarakat.

Hal tersebut tentu di maksudkan agar masjid tersebut nantainya ramai dan memiliki banyak pengunjung.

Akan tetapi jika masjid di bangun di tengah hutan maupun di tempat tempat yang jauh dah dari aktivitas warga, akan sulit di jangkau dan tentu cukup menyeramkan

penulis artikel

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT