Daftar Masjid Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Masjid merupakan tempat menunaika ibadah bagi umat muslim. Terlebih di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam menjadikan bangunan masjid sangat mudah di temukan di Indonesia. Masuknya Islam di Indonesia tentu tidak terlepas dari penyebaran agama Islam di masa lampu terutama pada zaman kerajaan. Hal tersebut juga bisa anda buktikan dengan adanya masjid peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.

masjid peninggalan kerajaan Islam di Indonesia

6 Masjid Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

Dahulu penyebaran Islam di Indonesia juga masuk pada masa kerajaan. Masuknya Islam di Kerajaan yang berada di Indonesia ternyata membawa dampak yang sangat besar bagi penyebaran Islam di Indonesia. Tak heran jika bermunculan kerajaan Islam di Indonesia. Berikut akan dijelaskan 6 masjid peninggalan kerjaaan Islam di Indonesia yang perlu anda ketahui.

  1. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
    Masjid yang satu ini merupakan masjid peninggalan kerajaaan Aceh pada abad ke-15. Sebetulnya masjid ini juga pernah di bakar oleh Belanda pada tahun 1873 namun oada tahun 1875 masjid ini dibangun kembali oleh Belanda. Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah dan menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia.
  2. Masjid Agung Banten di Banten
    Sebagai masjid peninggalan kerajaan Islam, di kawasan masjid ini terdapat kompleks makam sultan-sultan. Sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia, masjid ini memiliki desain bangunan yang mirip dengan pagoda Cina untuk menaranya. Bahkan menara yang digunakan untuk mengumandangkan adzan, dahulu menjadi tempat untuk penyimpanan senjata.
  3. Masjid Cirebon di Jawa Barat
    Masjid Cirebon juga dikenal sebagai Masjid Kasepuhan karena lokasinya yang berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon Provinsi Jawa Barat. Sebagai masjid tempo dulu, masjid ini merupakan hasil perpaduan gaya arsitektur Cirebon, Demak dan Majapahit.
  4. Masjid Kudus di Jawa Tengah
    Masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi memiliki ciri khas bangunan masjid dengan menara yang mirip dengan candi. Desain menara masjid yang unik tersebut tidak bisa terlepas dari adanya perpaduan antara budaya Hindu-Budha dengan budaya Islam.
  5. Masjid Agung Demak
    Masjid Agung Demak merupakan masjid yang didirikan oleh Raden Patah yang merupakan raja pertama di Kesultanan Demak dan juga bersama dengan para wali. Bangunan masjid ini juga memiliki 4 tiang yang terbuat dari serpihan kayu dengan atapnya berbentuk limas. Selain itu di sekitar kawasan masjid ini terdapat kompleks pemakaman raja-raja dari Kesultanan Demak beserta para abdinya.
  6. Masjid Sultan Ternate
    Masjid yang berada di Maluku Utara ini menjadi bukti adanya Kesultanan Islam yang pertama di Ternate. Dimana saat itu pada abad ke-18 ada raja yang mulai memeluk Islam sejak saat itulah dibangun masjid Sultan Ternate dengan desain arsitektur berbentuk segiempat serta atapnya yang berbentuk limas yang juga dilengkapi dengan teralis uan berukir.

masjid peninggalan kerajaan Islam di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai 6 masjid peninggalan kerajaan Islam di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Adanya masjid-masjid peninggalan zaman Kerajaan Islam di Indonesia menjadi bukti bahwa Islam memang dengan mudah di terima di Indonesia termasuk di kerajaan .

Leave a Reply