Rangking Masjid Dengan Kunjungan Paling Banyak Tahun 2018 Di Indonesia

Pada dasarnya sebuah masjid akan selalu dikunjungi oleh para jamaah beragama islam untuk menunaikan kewajiban ibadahnya. Sebab, dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits telah menyatakan yang intinya menjalankan solat 5 waktu secara berjamaah akan mendapatkan pahala 27 kali lebih besar daripada saat ditunaikan sendiri. Dengan adanya hadits dan Al-Qur’an yang telah menyatakan pernyataan tersebut membuat masyarakat bergama muslim berbondong-bondong untuk menyegerakan solat di masjid. Selain itu, masjid-masjid pun jaman sekarang sudah mudah dijumpai di berbagai daerah Indonesia. Hal itu akan mempermudah para jamaah saat ingin menunaikan ibadah solat 5 waktu maupun ketika hari raya besar umat muslim. Sebenarnya, masjid dikunjungi oleh para jamaah bukan hanya sekedar untuk menjalankan kewajiban ibadah saja melainkan sebagian orang juga bisa datang guna berwisata religi. Dibawah ini akan diberitahukan kepada teman-teman terkait rangking masjid tahun 2018 yang paling banyak dikunjungi dari berbagai daerah Indonesia.

6 Masjid Dengan Kunjungan Terbanyak Tahun 2018

Masjid yang paling sering dikunjungi masyarakat umum baik untuk menunaikan ibadah maupun wisata religi  kebanyakan berlokasi di daerah-daerah kota. Masjid kunjungan paling banyak tahun 2018 di Indonesia, antara lain:

  1. Majid Istiqlal

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Termauk salah satu masjid terbesar se Asia Tenggara. Biasanya masjid istiqlal sering digunakan sebagai tempat ibadah solat 5 waktu, jumatan berjamaah, serta hari-hari raya besar umat muslim. masjid ini memiliki arsitektur persegi panjang dan bergaris-garis lurus jika dilihat dari jarak jauh. Kemudian ada lokasi halaman yang bisa digunakan untuk bersantai-santai sehabis solat atau menunggu waktunya adzan.

  1. Masjid Agung Demak

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Termasuk masjid paling sering dikunjungi karena bangunannya yang masih lestari sejak didirikan. Walaupun bangunan sudah kuno, tapi suasana yang dihasilkan saat berada di dalam masjid menjadi nyaman, tenang, dan adem.

  1. Masjid Kubah Emas

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Masjid ini sudah jelas paling sering dikunjungi oleh jamaah ataupun para wisatawan religi. Mereka kebanyakan berdatangan untuk mengikuti kegiatan pengajian ataupun ibadah saat-saat hari raya besar umat muslim. Selain itu, masyarakat juga bisa berkunjung di tempat itu sekdar menjalankan solat 5 waktu secara berjamaah ataupun sendiri.

  1. Masjid Al-Akbar

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Merupakan masjid agung terbesar yang ada di Kota Surabaya. Masjid ini menjadi salah satu pusat aktivitas kegiatan beragama oleh masyarakat umum dari dalam maupun luar kota. Masjidnya yang begitu megah dan besar tentu dapat menampung banyak jamaah didalamnya.

  1. Masjid Agung Semarang

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Masjid ini sudah direnovasi beberapa kali hingga menampilkan penampakan seperti istana milik kesultanan jaman dahulu. Di bagian pelataran masjid terdapat payung-payung besar yang akan mekar di waktu pagi dan sore hari.

  1. Masjid Agung At-Tin

masjid dengan kunjungan paling banyak tahun 2018

Terletak di kawasan bagian dalam Taman Mini Indonesia Indah. Karena lokasi berada di dalam TMII, membuat masjid ini termasuk paling banyak jamaah yang mengunjiunginya. Dibangun sejak tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999. Jika dibandingkan dengan lainnya memang masjid At-Tin berbentuk sederhana dan lebih kecil. Namun, masjid tersebut dikelilingi oleh halaman luas dan terdapat 1 menara di sampingnya.

Kebanyakan masjid yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat baik untuk kepentingan beribadah ataupun kegiatan religi lain pasti akan memberikan fasilitas nyaman dan aman bagi para pengunjung. Biasanya sebuah masjid yang paling banyak dikunjungi mendapatkan kualitas sajadah dalam bentuk karpet dari tempat jual karpet masjid terlaris di kota-kota metropolitan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru kepada teman-teman sekalian. Selamat membaca!

Leave a Reply