Memukaunya Enam Kaligrafi Masjid Terbesar Di Dunia

Sebab merupakan tempat yang sakral bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah sholat, masjid ini pastinya dibangun dengan bahan dan material yang berkualitas. Tak jarang, beberapa masjid di dunia ini sengaja dibangun secara megah dan indah agar para umat islam yang beribadah di dalamnya semakin khyusuk dan nyaman berada di dalam masjid tersebut. Semegah-megahnya sebuah masjid, pastinya tiak akan meninggalkan salah satu unsur pada sebuag masjid yang tidak luntur dari masjid zaman dahulu hingga sekarnag, yakni adanya sebuah kaligrafi pada masjid tersebut. Adanya kaligrafi pada masjid ini tak hanya dijadikan sebagai interior dekorasi saja, namun juga untuk menambah ilmu yang ada. Akan sangat bermanfaat sekali bila Anda mengetahui enam kaligrafi masjid terbesar di dunia karena Anda bisa mengagumi dan bisa Anda jadikan tempat selanjutnya untuk berkunjung.

6 Kaligrafi Masjid Terbesar di Dunia

Kaligrafi masjid terbesar yang ada di dunia ini letaknya menyebar dan tentunya banyak ditemukan di masjid-masjid terbesar di seluruh dunia. Berikut ini adalah enam kaligrafi masjid terbesar yang terdapat di dunia:

  1. Masjid Imam,Isfahan Iran

kaligrafi masjid

Masjid Imam di Iran in mempunyai total empat menara yang tingginya sekitar 160 kaki dan dibangun dari bahan dasar keramik dan juga batu piruz. Dinding pada masjid tersebut dilapisi dengan kramik mozaik yang juga ditambahi dengan perpaduan sebanyak tujuh warna. Ditambah lagi terdapat sebuah kaligrafi parasasti yang besar dan sangtlah indah.

  1. Masjid Kubah Emas, Depok, Jabar, Indonesia

kaligrafi masjid

Salah satu masjid di Indonesia, yakni Masjid Kubah Emas yang ada di Depok, Jawa Barat, Indonesia mempunyai kubah dengan bahan emas. Masjid ini mempunyai nama asli Masjid Dian Al Mahri dan mempunyai total lima kubah yang semuanya terbuat dari emas yang tebalnya mencapai 2-3 mm. Masjid ini mempunyai hiasan kaligrafi berukuran  besar pada langit-langit masjid tersebut.

  1. Great Mosque of Xi’an, China

Salah satu masjid tertua di dunia, yakni Great Mosque of Xi’an ini dibangun pada masa Dinasti Tang, yakni pada tahun 742. Selain terdapat ruangan untuk Anda menunaikan sholat, terdapat pula taman dan lorong yang masih kental budaya China. Pada gerbang dan ruangan untuk sholat tersebut, Anda bisa menemukan banyak kaligrafi yang berukurn besar dan sangatlah menawan indahnya.

  1. Blue Mosque, Isltanbul, Turki

Blue Mosque yang terletak di Istanbul Turki ini ini mempunyai iterior berupa kaligrafi yang begitu indah yang tentunya berhasil menambah keindahan dari slaah satu masjid terindah di dunia ini. Masjid ini mempunyai warna biru pada kubahnya yang menyebabkan masjid tersebut disebut sebagai masjid biru.

  1. Great Mosque Of Kufa, Irak

kaligrafi masjid

Kaligrafi dari ayat-ayat Al Wuran di dalam masid Gread Mosque of Kufa di Irak ini sangatlah menawan dengan bentuknya yang lumayan besar. Keberadaan kaligrafi pada masjid tersebut menabah keindahan dari masjid tersebut. Ditambah lagi kaligrafi pada masjid tersebut dihiasi oleh emas, perak dan juga berlian.

  1. Masjid Saint Petersburg, Rusia

kaligrafi masjid

Hiasan kaligrafi pada masjid Saint Petersburg di Rusia ini sungguh indah dan memukau siapa saja yang melihatnya. Hal ini dikarenakan kaligrafi tersebut tersusun secara goemteris dengan warna yang begitu mencolok.

Itulah tadi merupakan enam kaligrafi masjid terbesar di dunia yang juga sangatlah indah yang harus Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui keenam kaligrafi besar yang ada di masjid tersebut, Anda bisa mengunjungi keenam masjid tersebut untuk mengagumi keindahan dan lebih memperdalam ilmu agama Islam Anda tentunya.

Leave a Reply