Beberapa Masjid Bersejarah di Dunia yang Mengagumkan

Selain menjadi tempat beribadah bagi umat Islam, ternyata beberapa masjid di dunia juga menyimpan berbagai kisah sejarah yang sangat unik yang berkaitan dengan penyebaran agama Islam. Dengan kisah sejarah serta kemegahan masjid tersebut tentu  akan semakin membuat terpukau siapa saja. Bagi anda yang  merasa penasaran dan ingin mengunjungi masjid bersejarah di dunia sebagai destinasi wisata religi, tak perlu khawatir. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa masjid bersejarah yang ada dunia.

4 Masjid Bersejarah di Dunia yang Perlu Anda Ketahui

masjid bersejarah di dunia

Dibalik banyaknya masjid-masjid yang bermunculan dengan kemegahannya ternyata ada beberapa masjid yang memiliki nilai sejarah. Dimana sejarah tersebut tidak terlepas dari nilai-nilai Islam yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Berikut akan dijelaskan 4 masjid bersejarah di dunia yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Masjid St. Peterburg di Rusia
    Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Tsar Rusia yaitu Nicholas II ini ternyata memiliki sejarah yang unik dan berkaitan dengan Indonesia. Sebab dahulu bangunan masjid ini sempat tidak terawat dan dialihfungsikan sekitar tahun 1956. Namun semenjak Ir. Soekarno datang dan akhirnya mendorong sebuah perubahan agar masjid tersebit difungsikan kembali sebagai tempat beribadah. Sejak saat itulah masjid St. Peterburg aktf kembali dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
  2. Masjid Istiqlal di Jakarta
    Selain dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, ternyata masjid yang desain arsitekturnya memadukan tiga Negara Indonesia, Eropa dan Timur Tengah ini sukses menarik perhatian wisatawan mancanegara. Selain memiliki desain yang megah dan unik, Masjid Istiqlal menyimpan nilai sejarah adanya toleransi antar umat beragama. Hal ini bisa terbukti dengan adanya bangunan gereja Katedral yang berdiri di sebarang masjid ini. Bahkan hingga saat ini juga tidak pernah terjadi konflik maupun berita miring seputar Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.
  3. Masjid Sultan Ahmed di Turki
    Masjid ini berdiri di jantung kota Istanbul yang dirikan oleh Sultan Ahmed I. Selain memiliki desain bangunan yang megah dengan 6 menara dan kubah berwarna biru, masjid ini memiliki hal yang unik. Karena saat berkunjung ke masjid ini anda tidak diperbolehkan masuk ketika salat sedang berlangsung. Sehingga bagi anda yang ingin salat di masjid ini bisa melewati pintu utama di bagian barat. Sedangkan untuk wisatawan harus masuk melalui pintu utara atau jalur khusus.
  4. Masjid Raya Xi’an di China
    Masjid ini merupakan masjid pertama yang di bangun di Cina di tengah mayoritas penduduknya yang kebanyakan memeluk agar Budha dan Kong Hu Cu. Bangunan masjid ini juga memiliki perpaduan budaya Cina dan Islam sehingga sekilas bangunan masjid ini terlihat seperti kelenteng. Tetapi di bagian pintu masuk masjid terdapat tulisan Arab yang dipahat. Untuk pengunjung nonmuslim diperbolehkan masuk masjid namun hanya sampai bagian halamannya saja dan tidak diperkenankan memasuki ruangan masjid. Masjid ini juga memiliki sebuah jasa pasang karpet terbaik dunia yang selalu setia untuk memenuhi setiap kebutuhan karpet dalam masjid. Sehingga dapat selalu memanjakan para jamaah yang hendak beribadah, agar semakin betah dan khusyuk.

masjid bersejarah di dunia

Itulah beberapa penjelasan mengenai 4 masjid bersejarah di dunia yang bisa menambah wawasan anda.  Selain menyimpan nilai sejarah, masjid tersebut juga memiliki kemegahan yang hingga saat ini bisa anda saksikan.

Leave a Reply