Menara Masjid Terindah di Dunia yang Sangat Menakjubkan

Sebuah masjid biasanya akan semakin megah jika memiliki menara yang dibangun di kawasan masjid tersebut. Selain berfungsi untuk mempercantik bangunan masjid, adanya menara pada masjid memiliki fungsi penting untuk panggilan salat. Saat ini semakin banyak masjid-masjid yang dilengkapi dengan bangunan menara yang begitu indah. Namun dari menara-menara masjid tersebut ada beberapa menara masjid terindah di dunia yang pasti akan membuat anda takjub saat menyaksikannya.

5 Menara Masjid Terindah di Dunia

menara masjid terindah di dunia

Tak dapat dipungkiri, setiap masjid yang dibangun diberbagai belahan dunia biasanya memiliki cerita dan filosofi yang unik. Hal tersebut juga bisa terlihat dari menaranya yang dibangun tinggi dan megah sehingga akan mendukung nilai filosofi yang dimiliki oleh sebuah masjid. Namun dari menara-menara tersebut ada yang paling indah di dunia. Bagi anda yang penasaran, berikut akan dijelaskan 5 menara masjid terindah di dunia untuk menambah wawasan anda.

  1. Menara Koutoubia, Maroko
    Menara Koutoubia di Masjid Koutoubia menjadi menara yang terindah karena dibangun dengan desain bergaya Alhomad dan selesai dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Yakub Al-Mansur. Menara masjid ini memiliki tinggi 69 meter dan dilengkapi dengan kubah yang berlapis emas murni.
  2. Menara Masjid Agung Damaskus, Suriah
    Sebetulnya Masjid Agung Damaskus adalah salah satu masjid yang tertua di dunia. Dahulu masjid ini adalah gereja Basilika Sy. Yohanes Pembaptis. Karena merupakan bekas gereja, masjid ini memiliki 3buah menara yang salah satunya diberi nama Minaret Isa atau Minaret Yesus yang menjadi menara terbesar diantara ketiga menara tersebut. Diketahui bahwa menara tersebut memiliki tinggo 77 meter serta sudah dibangun sejak abad ke-9.
  3. Menara Masjis Al-Azar, Mesir
    Masjid ini dibangun pada tahun 970 Masehi serta menjadi masjid pertama yang dibangun di Kota Kairo. Seiring dengan semakin banyaknya masjid yang dibangun di Kairo menjadikan kota ini disebut sebagai Kota Seribu Menara. Namun ada sebuah menara yang sangat indah yaitu Minaret Qaitbay yang memiliki tiga balkon. Dimana dua balkon berbentik segi delapan serta satu balkon berbentuk melingkar. Selain itu menara ini berhiaskan muqarnas atau hiasanya yang menyerupai sarang lebah di bagian bawah balkon.
  4. Menara Masjid Agung, Kudus
    Selain dikenal sebagai masjid Agung Kudus, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Al-Manar dan Masjid Al-Aqsa. Keunikan yang dimiliki oleh bangunan masjid ini adalah menaranya yang berbentuk mirip candi yang merupakan hasil perpaduan budaya Islam dengan Hindu-Budha. Menara tersebut memiliki ukuran 10×10 meter dibagian dasar serta tingginya 18 meter.
  5. Menara Masjid Hassan II, Maroko
    Masjid yang satu ini memiliki sebuah menara dengan tinggi 210 meter dan menjadi menara masjid tertinggi di dunia. Desain menara ini dibuat dengan gaya Moorish dan termasuk sebagai bangunan baru karena baru diresmikan pada tahun 1993.

menara masjid terindah di dunia

Itulah penjelasan mengenai 5 menara masjid terindah di dunia yang bisa menambah wawasan anda. Keindahan menara-menara tersebut memang telah berhasil membuat takjub umat Islam di seluruh dunia sehingga membuat siapa saja merasa penasaran untuk mengujunginya.

Leave a Reply