Masjid Bergaya Tiongkok di Indonesia Hasil Akulturasi Budaya yang Mempesona

Bangunan masjid yang merupakan tempat ibadah umat Islam memang identik dengan kubah serta bangunan berdesain Timur Tengah. Namun ternyata di Indonesia ada beberapa bangunan masjid yang justru dibuat dengan desain gaya Tiongkok. Diketahui hal tersebut merupakan hasil akulturasi antara budaya Tiongkok dan Islam sehingga menjadi bangunan masjid yang memesona. Bagi anda yang penasaran dengan masjid bergaya Tiongkok di Indonesia, maka , silakan menyimak penjelasan dalam artikel ini.

5 Masjid Bergaya Tiongkok di Indonesia yang Bikin Takjub

Meskipun masjid merupakan tempat beribadah umat Islam, namun tidak menutup kemungkinan desain bangunan masjid tersebut bisa dibuat unik bahkan bergaya Tiongkok. Hal ini ternyata bisa anda temukan pada masjid bergaya Tiongkok di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah. Berikut akan dijelaskan 5 masjid bergaya Tiongkok yang unik dan sarat akan nilai budaya.

  • Masjid Cheng Ho

masjid bergaya Tiongkok di Indonesia
Masjid bergaya Tiongkok yang satu ini berada di Jalan Gading Nomor 2, Genteng, Surabaya. Masjid yang diresmikan pada tahun 2002 ini memiliki bangunan bergaya arsitektur Tiongkok, Jawa dan Arab. Perlu anda ketahui bahwa sebetulnya berdirinya masjid Cheng Ho ini masih berkaitan dengan sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho di nusantara. Selain di Surabaya, ternyata masjid Cheng Ho juga dibangun di Palembang, Makassar, dan Jember.

  • Masjid Al-Imtizaj

masjid bergaya Tiongkok di Indonesia
Masjid yang terletak di Jalan ABC nomor 8, Banceuy, Bandung ini sekilas memang terlihat mirip dengan kelenteng daripada sebagai sebuah masjid. Hal ini disebabkan karena arsitektur masjid ini memang didominasi oleh nuansa Tiongkok dengan penggunaan warna emas, kuning dan merah. Meskipun demikian masjid yang diresmikan pada tahun 2010 lalu itu menjadi tempat beribadah umat Islam setiap harinya.

  • Masjid Jami Angke

masjid bergaya Tiongkok di Indonesia
Masjid bergaya Tiongkok yang satu ini dibangun sekitar tahun 1761 Masehi oleh wanita keturunan Tiongkok Muslim yang bernama Ny. Tan Nio dan bersuami orang Banten. Masjid yang berada di Kampung Rawa Bebek, Angke, Jakarta ini memang dibangun dengan sentuhan gaya oriental terutama di bagian atapnya.

  • Masjid Tan Kok Liong

masjid bergaya Tiongkok di Indonesia
Masjid yang berlokasi di Cibinong, Bogor ini memang memiliki gaya arsitektur Tiongkok yang sangat kental. Terlebih pada bagian atapnya yang berupa pagoda serta ditambah pula dengan lampion dis sisi kanan dan kirinya. Diketahui bahwa masjid Tan Kok Liong didirikan oleh Anton Medan pada tahun 2005.

  • Masjid Al Mahdi


Masjid yang berrada di Kompleks perumahan Armada Estate, Magelang Utara ini juga cukup menyita perhatian. Sebab desainnya yang bernuanda Tiongkok dan terlihat begitu unik. Masjid yang diresmikan pada bulan April 2017 ini sering dijadikan sebagai tempat beribadah dan kegiatan keagamaan Islam lainnya sehingga selalu tampak ramai.

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid bergaya Tiongkok di Indonesia yang bisa menjadi referensi anda. Bagi anda yang ingin merasakan secara langsung nuansa akulturasi Tiongkok dan Islam maka cobalah untuk mengunjungi masjid-masjid tersebut yang unik dan nyaman untuk beribadah.

Leave a Reply