Kumpulan Masjid Legenda Dunia Yang Bisa Bikin Merinding Orang Saat Tahu Sejarahnya

Masjid didirikan oleh masyarakat pasti berdasarkan waktu yang berbeda-beda. Ada masjid yang sudah dibangun sejak lama dan ada pula baru saja didirikan. Terkadang pembangunan sebuah masjid akan dipelopori oleh orang-orang penting atau tokoh masyarakat biasa yang peduli dengan islam. Masjid yang sudah berusia tua terkadang bisa mengalami perombakan ataupun tetap dijaga kelestarian bangunan untuk mempertahankan keasliannya. Masjid yang tetap dijaga keasliannya rata-rata dibangun oleh tokoh-tokoh penting dari jaman terdahulu. Contoh: Masjid Agung Demak yang dibangun oleh raja kesultanan yakni Raden Patah hingga saat ini masih dijaga keasliannya dan belum mengalami perombakan sama sekali guna mempertahankan penampilan arsitektur jaman lampau. Ada pula masjid-masjid bangunan terdahulu yang telah mengalami perombakan akibat banyak bagian sudah roboh dan membuat masyarakat terpaksa memperbaiki atau merenovasi secara total.

6 Masjid Legenda Dunia

Masjid-masjid dari berbagai belahan dunia pasti memiliki cerita saat awal pendirian atau setelah pembangunan. Hal itu jarang diketahui oleh masyarakat biasa. Bagi sebagian orang berfikir hanya tinggal memanfaatkan fasilitas dan ingin mengunjungi karena kecantikan atau keunikan dari sebuah masjid tanpa perduli dengan sejarahnya. Sebenarnya masjid-masjid legenda atau kuno termasuk dalam daftar situs bersejarah yang harus dilestarikan dan dijaga. Oleh sebab itu, sebagai penerus bangsa seharusnya kita lebih peduli dengan keadaan sekitar. Artikel ini bukan akan membahas terkait pelestarian masjid sebagai situs bersejarah melainkan membahas ke enam masjid legendaris dunia :

  • Mosque Of Uqba

masjid legenda dunia

Termasuk pada daftar warisan dunia yang tercatat di UNESCO. Masjid ini termasuk besar dan luas dibuktikan dengan berdirinya di tanah seluas 405 m persegi. Bangunannya sangat berbeda jauh dengan penampakan yang sering kita lihat di Indonesia. Masjid ini terlihat dari luar hanya seperti bangunan sebuah gerbang. Tetapi saat masuk ke dalam kita akan dikagumkan dengan interior yang menarik bahkan penggunaan pun beralaskan karpet cantik, untuk informasi harga karpet masjid anda dapat mengunjungi situs resmi kami kemakmuranmajid.com

  • Masjid Agung Kufah

masjid legenda dunia

Sejak negara Irak dikuasai oleh Ali Bin Abi Thalib masjid pertama yang didirikan di ibukotanya ialah masjid Agung Kufah. Pembangunan dimulai di abad ke tujuh tepatnya tahun 639. Masjid Agung Kufah sering dijadikan tempat berkumpul oleh para ulama Syiah dan pengikutnya.

  • Masjid Al-Nabawi

masjid legenda dunia

Pasti sudah tidak asing lagi bagi umat islam saat mendengar pertama kali nama masjid ini. Masjid Al Nabawi terletak di Madinah, Arab Saudi dan paling sering dikunjungi atau dijadikan tempat beribadah bagi para jamaah haji atau umroh. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan telah mengalami perenovasian beberapa kali.

  • Masjid Al Qiblatain

masjid legenda dunia

Di kota Madinah juga terdapat masjid terkenal dikalangan umat muslim selain masjid Al-Nabawi. Uniknya pada masjid ini terdapat 2 arah kiblat. Sebab pada jaman dahulu, Nabi Muhammad sempat memerintahkan umatnya untuk mengganti kiblat dari arah Yerussalem berganti ke Ka’bah.

  • Jawatha Mosque

masjid legenda dunia

Masjid ini memang sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat beribadah solat. Tetapi, masih banyak warga Arab Saudi yang berdatangan untuk berdoa ditempat itu. Masjid Jawatha termasuk paling tua di dunia dan telah berdiri sejak tahun 629 di bagian timur Arab Saudi.

  • Masjid Agung Cordoba

masjid legenda dunia

Terletak di kaki bukit Siera de Montena tenggara Madrid, Eropa. Dahulu pada masa perjuangan nabi Muhammad Saw bersama para syuhada berhasil menaklukkan kota Cordoba dan menjadikan mayoritas warganya memeluk agama muslim. Namun, setalah munculnya kristenisasi dari kaum Katolik dan kristen protestan merubah Masjid Agung Cordoba menjadi Kathedral Mezquita.

Itulah beberapa masjid legendaris yang ada di dunia dari berbagai belahan negara. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!

Leave a Reply