Masjid Unik di Indonesia yang Membuat Takjub

Seperti yang telah diketahui, masjid merupakan tempat beribadah umat Islam yang saat ini semakin banyak di temukan terutama di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari penduduk Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Tak heran jika kini semakin banyak masjid di Indonesia  yang bermunculan dengan desain yang unik dan membuat takjub. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang masjid unik di Indonesia dengan desain yang tidak biasa.

7 Masjid Unik di Indonesia yang Bikin Melongo

masjid unik di Indonesia

Dari sekian banyaknya masjid yang ada di Indonesia, ternyata ada yang memiliki desain unik dan tidak biasa dan  menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Islam. Tak heran jika ini banyak masjid di Indonesia yang menjadi destinasi wisata religi karena keunikkannya maupun sejarahnya. Berikut 7 masjid unik di Indonesia yang pasti membuat anda melongo yang bisa menjadi referensi.

  1. Masjid Tiban Turen
    Masjid unik yang satu ini mempunyai arsitektur bergaya Timur Tengah. Masjid yang berada di Jalan Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, Sananrejo, Turen, Malang Provinsi Jawa Timur ini juga sempat viral. Lantaran disebut-sebut dibangun dengan bantuan jin. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak pengelola masjid.
  2. Masjid Al Irsyad
    Masjid Al Irsyad merupakan masjid yang unik di Bandung dengan bangunan berbentuk kubus serta tidak memiliki kubah. Diketahui bahwa masjid ini merupakan karya dari Ridwan Kamil sebagai walikota Bandung sekaligus arsitek bangunan masjid tersebut. Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini banyak diminati pengunjung karena bagian mihrab masjid terdapat pada rumput sintetis.
  3. Masjid Raya Sumatera Barat
    Masjid yang satu ini berada di Padang Utara, Sumatera Barat yang juga tidak memiliki kubah namun atapnya berbentuk rumah khas Minangkabau. Selain itu pembangunan masjid ini menggunakan gaya arsitek tahan gempa sehingga tidak hanya unik dan kuat namun juga memiliki ciri khas keraifan lokal.
  4. Masjid Cut Meutia
    Masjid yang teletak di Menteng Jakarta Pusat ini sebetulnya dahulu merupakan kantor bekas peninggalan zaman Belanda. Dengan gaya arsitektur Eropa membuat masjid ini terlihat sangat unik.
  5. Masjid Agung Jawa Tengah
    Masjid Agung Jawa Tengah menjadi ikon kota Semarang dan menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Semarang. Dengan luas masjid sekitar 7.500 meter persegi yang dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari perpustakaan, museum budaya Islam, toko, kafe dan lain-lain. Masjid ini memiliki payung raksasa di halamannya seperti yang terdapat di Masjid Nabawi Madinah.
  6. Masjid Raya Bani Umar
    Masjid yang dibangun dengan desain lampu bergaya Maroko serta bangunan tanpa kubah ini berada di Tangerang Selatan, Banten. Selain desain bangunannya yang unik, masjid ini memiliki menara setinggi 50 meter sebagai tempat pengeras suara.
  7. Masjid 1000 Pintu
    Masjid unik yang berada di Tangerang dan memiliki nama asli Masjid Nurul Yakin. Namun karena masjid ini memiliki pintu dalam jumlah banyak membuat masjid ini semakin menarik. Terdapat pula koleksi tasbih raksasa di ruangan bawah tanah yang menjadikan masjid ini semakin memukau.

masjid unik di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai 7 masjid unik di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Meskipun desainnya unik namun tidak mengurangi fungsi utama masjid sebagai tempat beribadah umat Islam yang pastinya nyaman dan membuat siapa saja penasaran.

Leave a Reply