Masjid Berbentuk Unik di Indonesia yang Bentuknya Tak Seperti Masjid Pada Umumnya

Bangunan masjid identik dengan kubah di atasnya serta gaya arsitektur yang khas. Namun ternyata di Indonesia terdapat beberapa masjid yang justru bentuk bangunannya berbeda. Jika anda belum pernah menyaksikannya mungkin sekilas bangunan tersebut bukanlah masjid tetapi seperti tempat ibadah agama lain. Meskipun demikian masjid tersebut sering digunakan untuk beribadah bahkan adapula yang sudah populer. Nah, bagi anda yang penasaran dengan masjid berbentuk unik di Indonesia sebaiknya simak penjelasan dalam artikel ini.

5 Masjid Berbentuk Unik di Indonesia yang Tak Biasa

masjid berbentuk unik di Indonesia

Bangunan masjid yang digunakan untuk beribadah umat Islam ternyata bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Sebab bentuk bangunan masjid tersebut sangat unik dan tidak biasa. Masjid berbentuk unik di Indonesia terdapat di beberapa wilayah. Bagi anda yang penasaran, berikut 5 masjid dengan bentuk unik yang ada di Indonesia.

  1. Masjid Menara Kudus
    Masjid Menara Kudus merupakan masjid kuno yang dibangun pada tahun 1549 Masehi oleh Sunan Kudus. Masjid yang terletak di Desa Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini memiliki bangunan menyerupai menara sebuah candi. Gaya arsitektur bangunan masjid ini merupakan paduan antara budaya Hindu-Budha dengan budaya Islam sehingga juga memiliki sejarah keharmonisan antar agama di masa lampau.
  2. Masjid Cheng Ho Surabaya
    Masjid unik yang ada di Surabaya ini justru memiliki bangunan yang bernuansa muslim Tionghoa namun lebih kental dengan nuansa Tionghoa. Masjid yang sudah berdiri sejak tahun 20002 ini sekilas mirip dengan kelenteng sebagai tempat ibadah umat Tri Dharma. Tetapi sebetulnya bangunan ini merupakan masjid yang sering menjadi tempat ibadah serta kunjungan wisata religi.
  3. Masjid Cipari
    Masjid Cipari sebetulnya memiliki nama asli Masjid Asy-Syura yang berada di Kabupaten Garut Jawa Barat. Bentuk bangunan masjid ini sangat unik karena mirip dengan gereja yang memanjang serta pintu utamanya yang berada di tengah bangunan. Selain itu terdapat pula menara di ujung bangunan di atas pintu utama sehingga membuat masjid ini justru terlihat seperti gereja.
  4. Masjid Tua Indrapura
    Pada awalnya masjid ini merupakan candi dari Kerajaan Hindu Lamuri dan menjadi tempat pemujaan. Konon dahulu telah terjadi perang antara kerajsaan Hindu Lamuri melawan pasukan bajal laut asal Cina. Tetapi perang tersebut dimenangkan oleh Kerajaan Lamuri berkat bantuan dari Meurah Johan Pangeran dari Lingga. Sejak saat itulah Kerajaan Lamuri menganut Islam sehingga bangunan pemujaan tersebut diubah menjadi masjid hingga saat ini.
  5. Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari
    Masjid yang belum lama diresmikan oleh Presiden Jokowi ini, memang sempat menjadi kontroversi karena masjid ini disebut memiliki lambing yang mirip dengan salib. Tetapi hal tersebut dibantah oleh arsiteknya yang menjelaskan bahwa masjid tersebut memiliki konsep bangunan budaya Betawi dan desain atapnya berupa limasan dan atap pelana.

masjid berbentuk unik di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid berbentuk unik di Indonesia yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang penasaran dengan masjid-masjid tersebut tidak ada salahnya segera merencanakan wisata religi untuk melihat lebih dekat bangunan masjid yang lain dari masjid pada umumnya. Pusat kebutuhan masjid lainnya juga tidak kalah menarik untuk anda ikuti, karena memang saat ini sudah berada di jaman modern, segala hal yang berkaitan dengan dekorasi masjid, fasilitas, serta bangunan kini sudah mengikuti perubahan jaman. Agar para jama’ah dapat menikmati sebuah fasilitas beribadah yang lebih mapan dengan tekstur bangunan yang semakin menarik.

Leave a Reply