Urutan Masjid Terbesar di Indonesia yang Patut Anda Tahu

Masjid didirikan untuk menjadi tempat bagi umat muslim menunaikan ibadah sholat. Di Indonesia sendiri, masjid tersebut banyak sekali terdapat di Indonesia. Tentunya hal ini tidaklah mengherankan mengingat bahwa mayoritas umat bergama Islam di Indonesia sangatlah banyak. Untuk bisa menampung umat muslim yang banyak tersebut, beberapa masjid sengaja dibangun dengan ukurnya yang besar supaya bisa menampung banyak umat muslim untuk beribadah ini. Pastinya di Indonesia terdapat banyak masjid besar yang tersebar dari sabang sampai merauke. Masjid terbesar di Indonesia ini sudah semestinya Anda ketahui.

Beberapa Masjid Terbesar Di Indonesia

Dari sekian banyak masjid terbesar di Indonesia yang ada, terdapat  lima urutan masjid yang memang sangatlah besar di Indonesia. Berikut ini adalah kelima urutan masjid terbesar yang ada di Indonesia tersebut:

  1. Masjid Istiqlal Jakarta

masjid terbesar

Nomer satu dari urutan masjid terbesar yang ada di Indonesia pastinya adalah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini bisa menempung 150-200 ribu jemaah sekaligus. Arsitek dari masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini bernama Frederich Silaban. Mulai dari interior hingga eksterior dari masjid ini sungguh menaawan keindahannya. Salah satu yang sangat menarik dari masjid ini adalah letaknya yang berhadapan dengan  Gereja Katedral Jakarta.

  1. Masjid Islamic Center Samarinda

masjid terbesar

Masjid Islamic Center yang terletak di Samarinda ni mampu menampung jemaah sebanyak 20 ribu orang dengan lantai sekelilingnya yang masih dapat menampung sekitar 10 ribu jemaah. Maka dari itu, masjid ini masuk kedalam urutan kedua dari masjid terbesar di Indonesia kerena memang sangtlah besar dan mampu menampung banyak jemaah untuk beribadah sholat. Masjid ini pembangunanya cukup lama yakni sekitar tujuh tahun baru selesai semuanya.

  1. Masjid Agung Baiturrahman Aceh

 

Urutan selanjutnya adalah Masjid Agung Baiturrahman Aceh. Masjid tersebut terdapat 12 payung elektrik yang berguna dan bermanfaat untuk menghalangi alias menutup panasnya sinar dari matahari untuk jemaah yang berada di luar bangunan. Saat terkena tsunami pada 2004 silam, masjid ini masih tetap beridi kokoh padahal bangunan sekitarnya rata dengan tanah. Masjid urutan ketiga terbesar di Indonesia ini mampu menampung jumaah dengan total 24  ribu jemah.

  1. Masjid Agung Surabaya

Masjid terbesar keempat di Indonesia ini terletak di kota Surabaya, yakni Masjid Agung Surabaya. Masjid ini dibangun dari tahun 1995 hingga tahun 2000. Masjid ini merpakan salah satu icon dari kota Surabaya dan merupakan sentral kegiatan agama di Surabaya. Berbagai ruangan di masjid ini bisa untuk berbagai kegiatan. Terdapat pula satu tempat yaikni ruang zam-zam yang bisa dipergunakan untuk pernikahan dan mmapu menampung sekitar 2000 tamu undangan sekaligus.

  1. Masjid Kubah Emas Jawa Barat

masjid terbesar

Urutan terakhir dari lima masjid terbesar yang ada di Indonesia ini terletak di Masjid Kubah Emas di Jawa Barat. Masjid ini mempunyai kubah yang terbuat dari emas murni. Masjid ini berdiri di area sekitaar 70 hektar dan mampu menampung jemaah sebanyak 15 ribu orang.

Itulah tadi merupakan lima urutan masjid terbesar di Indonesia yang harus Anda ketahui tentunya. Setelah mengetahui kelima urutan tersebut, siapa tahu, Anda berkenan langusung berkunjung kesana dan mengagumi keindahan dan kemegahan dari kelima masjid terbesar tersebut. Demikian artikel ini membahas kelima urutan dari masjid yang terbesar di Indonesia ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Leave a Reply