Kenali Yuk! Inilah 6 Masjid Keramat Dunia Yang Masih Jadi Pusat Ibadah

Masjid bukan hanya berdiri di tanah negara mayoritas umat muslim saja. Melainkan masjid juga banyak ditemukan di negara-negara mayoritas non muslim. Sebab di jaman globalisasi saat ini, orang-orang dari berbagai negara boleh bertransmigrasi ke negara lain dengan mudah dan cepat. Perpindahan penduduk yang bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai negara manapun. Membuat negara-negara mayoritas non muslim yang dulunya tidak terdapat masjid sama sekali menjadi ada dalam hitungan tahun. Tetapi, ada bagian negara non muslim yang sudah terdapat masjid sejak dahulu pada jaman nabi dan rosul. Kemudian dengan adanya perubahan peradaban membuat masjid beralih fungsi tergantung kebijakan dari pemimpin negara tersebut. Masjid-masjid yang terdapat di negara mayoritas non muslim pasti memiliki cerita dan makna dibalik pembangunannya. Sebenarnya bukan hanya pada negara non muslim saja tapi negara muslim juga memiliki masjid bersejarah dan keramat. Mari kita simak bersama pembahasannya.

6 Masjid Keramat Dunia

Bagi sebagian orang yang pertama kali mendengar kata “keramat” pasti akan berfikiran tentang makhluk-makhluk halus atau berkaitan dengan angker. Keramat tidak melulu mengarah pada hal berbau mistis. Melainkan maksud kata keramat ialah masjid kuno yang masih dijadikan tempat beribadah umat islam selama bertahun-tahun bahkan hingga sekarang. Berikut macamnya:

  • Masjid Al Aqsha Al Mubarak

masjid keramat dunia

Pada awalnya disebut dengan Baitul Maqdis atau Al Haram Asy Syarif. Masjid ini berlokasi di Kota Lama Yerussalem yang saat ini diakui oleh tiga agama yakni islam, yahudi dan kristen. Yerussalem termasuk kota yang sudah berhasil direbut oleh negara Israel selama peperangan kemanusiaan antara Palestina dengan Israel.

  • Masjid Agung Aleppo

masjid keramat dunia

Didirikan sejak abad ke delapan dan terletak di negeri Suriah. Suriah di tahun 2013 kemarin baru saja mengalami musibah peperangan antar saudara. Pada Masjid Agung Allepo juga terkena dampak dari peperangan saudara tersebut. Hingga saat ini masjid Aleppo masih terdapat aktivitas beribadah umat muslim walaupun diakui oleh kedua agama yakni islam dan kristen sebagai tempat bersejarah dan paling berpengaruh bagi mereka.

  • Masjid Katedral Moskwa

masjid keramat dunia

Dikenal sebagai masjid terbesar dan paling utama bagi seluruh umat muslim di negara Rusia. Walaupun terdengar aneh nama katedral di telinga umat muslim, namun pada dasarnya masjid ini masih dijadikan pusat utama aktivitas beribadah. Sebab, katedral hanyalah sebuah nama yang disematkan pada masjid untuk mengklasifikasikan bahwa masjid tersebut berukuran besar. Bukan berarti masjid memiliki dua fungsi sebagai tempat beribadah umat muslim ataupun kristen

  • Masjid Katedral Mezwuita

masjid keramat dunia

Berbeda dengan masjid Katedral Moskwa, masjid ini memang telah dialihfungsikan dari masjid menjadi gereja. Sebab, di era kekuasaan pemerintahan Ummayah pada saat itu berhasil menguasai Spanyol dan membuat mayoritas masyarakat memeluk agama islam. Tetapi, setelah penaklukkan kembali oleh umat Kristen pada negara Spanyol membuat masjid Cordoba tidak diperbolehkan berfungsi sebagai ibadah umat muslim hingga sekarang.

  • Masjid Raya Baiturrahman

masjid keramat dunia

Masjid ini dibangun sejak tahun 1022H dan masih dijadikan tempat beribadah umat muslim hingga sekarang. Walaupun sempat bencana tsunami melanda kota Aceh. Namun, tetap masjid itu berdiri dengan kokoh bahkan bagian-bagian dalam seperti partisi masjid tetap terlihat bagus.

  • The Hassan II

masjid keramat dunia

Termasuk masjid terbesar di Moroko dan masih dijadikan tempat peribadahan umat muslim hingga sekarang. Bukan hanya umat muslim saja yang boleh berkunjung melainkan kaum non muslim pun boleh berwisata ke masjid tersebut.

Masjid-masjid tesebut mayoritas masih dijadikan pusat ibadah bagi masyarakat pemeluk agama muslim. Walaupun berdiri di atas tanah mayoritas agama non muslim, tapi tetap saja mereka mau bertoleransi dan saling damai hidup berdampingan. Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply