Inilah Masjid Terunik di Dunia dengan Gaya Arsitektut Luar Biasa

Masjid merupakan tempat beribadah umat Islam yang keberadaannya kini tersebar di seluruh dunia. Sebagai tempat beribadah, desain masjid dibuat kokoh dan ada pula yang memiliki makna-makna tertentu. Hal ini ternyata juga berlaku bagi masjid terunik di dunia. Dimana masjid tersebut memiliki desain unik yang tidak bisa anda temukan di tempat lainnya.

Daftar 5 Masjid Terunik di Dunia yang Wajib Anda Tahu

masjid terunik di dunia

Di antara masjid-masjid yang berdiri megah di seluruh dunia, ternyata ada bangunan masjid yang dibuat dengan desain unik. Bahkan ada pula masjid yang mencermikan ciri khas Negara atau wilayahnya sehingga menjadi simbol dan kebangaan umat Islam di Negara atau wilayah tersebut. Bagi anda yang penasaran, berikut akan dijelaskan 5 masjid terunik di dunia yang perlu anda ketahui.

  1. Masjid Agung Djenne
    Masjid terunik yang satu ini berada di Mali, Afrika Barat. Keunikan masjid ini adalah bangunannya yang dibuat dari bahan lumpur dan kayu pada bagian luar masjid. Lumpur tersebut dijadikan sebagai plaster dan terdapt kayu-kayu yang menjorok keluar seperti jarum yang berfungsi sebagai penyangga. Sedangkan untuk bagian bangunannya dibuat dari batu batu yang diplaster lumpur. Diketahui bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1906 hingga 1907. Bangunan masjid ini pernah menjadi pusat pengajaran Islam di Afrika pada abad ke-18 sehingga tak heran jika masjid unik menjadi bangunan yang penting di Afrika Barat. Mungkin juga tidak terdapat service karpet masjid, karena bahan dasar bangunannya juga terbuat dari lumpur, warga disana hanya memanfaatkan alas biasa saja sebagai dasar untuk pijakan tempat sholat.
  2. Masjid Jamiul Alfar
    Masji unik berikutnya ini berada di kota tua Kolombo, Sri lanka. Selain unik, masjid ini juga menjadi masjid tertua di Sri Lanka karena didirikan pada tahun 1908 sampai 1909. Hal unik yang mencari ciri khas masjid ini adalah dekorasi dinding bangunan berupa warna belang merah dan putih. Hal ini memberikan kesan bahwa masjid ini memiliki efek seperti kue lapis namun tidak mengurangi nilai spiritual bangunan masjid yang stau ini. Selain itu desain bangunan masjid ini bergaya kastil Inggris serta memiliki 14 menara yang menjadi daya tarik wisatawan.
  3. Masjid Agung Xi’an
    Masjid yang berada di Cina ini memiliki bentuk seperti kuil disbanding bangunan masjid pada umumnya. Bahkan masjid ini menjadi yang tertua dan terbesar di kota Chang’an dengan gaya arsitektur yang sangat unik. Diketahui bahwa masjid ini sudah berdiri sejak Abad ke -8 masehi dan menjadi bangunan bersejarah yang terpenting di Cina.
  4. Masjid Hasan II
    Masjid unik yang berada di Maroko ini dibangun di atas laut sehingga tampak mengapung dan megah. Selain disebut-sebut sebagai masjid terbesar setelah Masjidil Haram, masjid Hasan II juga memiliki keunikan berupa adanya menara masjid dengan tinggi 210 meter serta menjadi yang tertinggi di dunia. Masjid ini juga dilengkapi dengan pemanas lantai. Atap masjid yang bisa dibuka, dan desain bangunan khas seni bangsa Moor.
  5. Masjid Laarabanga
    Masjid ini berada di Laarabanga, Rebuplik Ghana, Afrika. Masjid yang terbuat dari lumpur ini bergaya arsitektur Sudan Kuno dan berbentuk segiempat dengan pilar-pilarnya. Selain itu masjid ini juga menjadi yang tertua di Gana karena diperkirakan dibangun pada tahun 1421 Masehi.

masjid terunik di dunia

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid terunik di dunia yang bisa menambah wawasan anda. Keunikan desain  masjid-masjid tersebut menjadi objek wisata sejarah yang pastinya akan membuat umat Islam merasa semakin bangga.

Leave a Reply