Beberapa Kubah Masjid Terindah di Dunia

Sebuah bangunan masjid pada umumnya identik dengan adanya kubah di bagian atapnya. Namun seiring berkembangnya zaman ada pula bangunan masjid yang tidak memiliki atap. Meskipun demikian dari banyaknya masjid yang ada di dunia ternyata ada beberapa masjid yang memikili kubah terindah di dunia. bahkan dari kubah masjid terindah di dunia tersebut adapula yang berasal dari Indonesia.

5 Kubah Masjid Terindah di Dunia

kubah masjid terindah di dunia

Kubah adalah unsur arsitektur pada bangunan masjid yang berbentuk menyerupai setengah bola dan agak kerucut. Biasanya kubah tersebut diletakkan pada tempat tertinggi di sebuah masjid yang menjadi penanda bahwa bangunan tersebut merupakan masjid. Dari waktu ke waktu kubah masjid dibuat semakin indah dan megah agar semakin mempercantik desain bangunan masjid. Dari kubah-kubah masjid tersebut ada beberapa yang paling indah di dunia dan wajib anda kunjungi. Berikut akan dijelaskan 5 kubah masjid terindah di dunia yang membuat takjub.

  1. Masjid Saint Petersburg, Moscow , Rusia
    Masjid ini dibangun pada tahun 1913 dan memiliki kubah berukuran besar yang ternyata kubah tersebut terinpirasi dari bangunan maosolium Gur Emir yang berada di Samarkand. Kubah di masjid Rusia ini dibangun atas rancang bangun sarang lebah madu. Dimana konstruksi sarang lebah madu tersebut bisa anda lihat dari ornament dalam kubah masjid yang berbentuk rangkaian hexagonal berukir serta adalah baluran waran biru yang mendominasi bagian dalam kubah tersebut.
  2. Masjid Dian Al-Mahri, Depok, Indonesia
    Diantara masjid-masjid dengan kubah terindah di dunia, ternyata Indonesia merupakan salah satunya. Hal tersebut dimiliki oleh Masjid Dian Al-Mahri yang dikenal sebagai masjid kubah emas. Selain memiliki warna keemasan yang berkilauan, ternyata kubah masjid ini memang juga dilapisi oleh emas 24 karat dengan tebal 2-3 milimeter. Setidaknya terdapat 5 kubah di masjid ini yang terdiri dari 1 kubah utama dengan ukuran terbesar dan 4 kubah kecil yang mengelilinginya.
  3. Masjid Sha Jahan, Thata, Pakistan
    Masjid ini didirikan oleh Raja Shah pada tahun 1647 dengan menggunakan konstruksi batu bata merah. Ada hal unik dari kubah masjid ini yaitu adanya 100 kubah pada masjid ini dan menjadi yang terbanyak di dunia. Kubah masjid ini dapat membuat suara imam salat bisa terdengar hingga ke seluruh masjid serta dua kubah utama yang berhiaskan mozaik motif bunga berwarna putih dan biru.
  4. Masjid Sultan Ahmet Camili, Istanbul, Turki
    Masjid yang didirikan pada awal tahun 1600-an tersebut memang sangat indah karena dikeliling oleh 6 menara. Masjid ini juga memiliki sebuah kubah dengan diameter 23 meter serta tingginya 43 meter yang juga dilengkapi dengan 260 jendela kaca yang bisa memantulkan cahaya.
  5. Masjid Sheikh Zayed atau Grand Mosque, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
    Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 115 meter serta terdapat 82 kubah yang menutupi bangunan masjid. Kubah-kubah tersebut ditopang menggunakan tiang berukuran besar yang juga berhiaskan marmer berwarna-warni.

kubah masjid terindah di dunia

Itulah penjelasan mengenai 5 kubah masjid terindah di dunia yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan kubah masjid tersebut sebaiknya rencanakan untuk mengunjunginga sekaligus sebagai kegiatan wisata religi.

Leave a Reply