Pesona Masjid Tertua di Dunia yang Seolah Tak Pernah Pudar Termakan Waktu

Selain sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, masjid juga memiliki peran yang penting sebagai tempat menyebarkan pemahaman tentang Islam. Tak heran jika masjid menjadi salah satu pilar bagi umat Islam di seluruh dunia yang jumlahnya kini semakin bertambah dari waktu ke waktu. Meskipun demikian ternyata terdapat masjid tertua di dunia yang usianya sudah mencapai ribuan tahun. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai masjid yang tertua di dunia untuk menjawab rasa penasaran anda.

5 Masjid Tertua di Dunia yang Mengagumkan

masjid tertua di dunia

Sebelum Islam masuk ke Indonesia, dahulu Islam sudah berkembang di berbagai Negara terutama di kawasan Timur Tengah. Tak heran jika di berbagai Negara tersebut terdapat masjid yang disebut tertua di dunia. Pastinya masjid-masjid tersebut menyimpan nilai sejarah Islam di masa lampau yang wajiba anda ketahui. Berikut ini akan dijelaskan mengenai 5 masjid tertua di dunia yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Masjid Quba
    Masjid Quba merupakan masjid yang petama kali dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 622 Masehi atau 1 Hijriah. Masjid yang berada sekitar 5 kilometer dari arah tenggara Kota Madinah ini, dahulu dibangun dengan bahan yang sederhana. Seiring berjalannya waktu, pihak Kerajaan Arab melakukan renovasi terhadap masjid ini sehingga desainnya menjadi sangat megah.
  2. Masjid Nabawi
    Setelah Masjid Quba dibangun, Rasulullah SAW juga membangun masjid kedua yang diberi nama Masjid Nabawi di Kota Madinah. Selain menjadi masjid tertua, masjid Nabawi menjadi masjid terbesar kedua di dunia sesuah Masjidil Haram. Awalnya lokasi pembangunan masjid Nabawi merupakan lokasi pemjemuran kurma miliki dua yatim bersaudara yaitu Suhail dan Sahl bin Amr lalu lahan ini dibeli oleh Rasulullah SAW untuk membangun kediaman dan masjid.
  3. Masjid Al Qiblatain
    Masjid ini berada di Kota Madinah dan menjadi lokasi turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW agar mengbah arah kiblat ke Mekkah. Dimana sebelumnya arah kiblat adalah di Masjidil Aqsa Yerusalem. Sebetulnya nama Masjid Qiblatain ini memiliki arti sebagai masjid dua kiblat.
  4. Masjid Jawatha
    Masjid Jawatha merupakan masjid pertama yang dibangun di kawasan bagian Timur di Arab Saudi. Diketahui pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 7 Hijriah oleh Suku Bani Abdul Qais. Saat ini bangunan masjid hanya berupa reruntuhan namun sebagian ada yang masih bisa dipergunakan.
  5. Masjid Al Haram
    Masjid ini berada di sekeliling Ka’bah yang juga menjadi masjid terbesar di dunia. tak heran jika masjid Al Haram dianggap sebagai masjid paling suci di dunia karena di masjid ini terdapat Ka’bah. Meskipun demikian masjid ini juga telah mengalami beberapa kali renovasi serta penambahan bangunan seiring dengan meningkatkan jumlah jamaah yang salat di masjid ini.

masjid tertua di dunia

Itulah penjelasan mengenai 5 masjid tertua di dunia yang bisa menambah wawasan anda. Dibalik kemegahan masjid tertua di dunia ternyata menyimpan kisah peradaban Islam sejak zaman Rasulullah SAW. Hingga saat ini pesona  masjid-masjid tersebut  masih bisa anda rasakan dan tetap membuat takjub serta tak lekang termakan zaman. Pastikan anda terus berada di chanel digital masjid kami, dengan suguhan banyak perlengkapan masjid serta segala kebutuhan masjid yang sangat modern.

Leave a Reply