Pesona Interior Masjid Terindah di Dunia yang Memanjakan Mata

Bangunan masjid memang dikenal sebagai tempat untuk beribadah umat Islam. Sebagai tempat beribadah, bangunan masjid tersebut dibuat seindah mungkin baik terutama untuk bagian interiornya. Sehingga akan membuat siapa saja merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di dalam masjid. Selain itu keindahan interior masjid tersebut juga bisa menjadi daya tarik wisatawan sebagai destinasi wisata religi. Pastinya diantara berbagai bangunan masjid di dunia terdapat beberapa interior masjid terindah di dunia yang akan membuat anda terpukau.

6 Interior Masjid Terindah di Dunia

interior masjid terindah di dunia

Keindahan sebuah masjid ternyata tidak hanya bisa disaksikan dari eksteriornya saja. Melainkan juga bagian interior yang dibuat tak kalah menakjubkan. Tentu interior masjid yang indah akan membuat umat Islam yang menjalankan ibadah akan merasa terpukau dan bangga sebab bangunan tempat ibadah tersebut dibuat sangat megah. Berikut akan dijelaskan 6 interior masjid terindah di dunia yang dijamin memanjakan mata.

  1. Masjid Sultan Ahmed di Istanbul Turki
    Masjid yang satu ini juga sering disebut sebagai Masjid Biru karena memiliki eksterior yang menyala terang berwarna biru. Selain itu bagian interior masjid juga tak kalah cantik karena dipasangi ribuan keeping ubin iznik yang bisa menyala terang. Selain itu bagian dalam masjid dibuat sangat megah sehingga anda akan dibuat takjub saat berada di dalamnya.
  2. Masjid Nasir Ol Molk di Shiraz Iran
    Masjid yang satu ini memiliki interior yang sangat khas yaitu dengan adanya ubik keramik bermotof bunga mawar berwarna merah muda. Tak heran jika masjid ini juga sering disebut sebagai masjid merah muda. Bagi anda yang ingin mengunjungi masjid ini sebaiknya datang di pagi hari karena dari dalam masjid anda bisa menyaksikan sinar matahari yang menembus jendela kaca yang menjadi kaleidoskop warna yang menakjubkan.
  3. Masjid Sharif Qol, di Kazan Kremlink Rusia
    Bangunan masjid ini sebetulnya sempat terbengkalai selama beberapa abad setelah diserang oleh tentara Tsar. Namun di tahun 2005 masjid ini dibangun kembali dan kini bangian dalam masjid juga menjadi museum yang menyimpan ribuan seni dan budaya Islam.
  4. Masjid Zayed Sheikh di Abu Dhabi Uni Emirat Arab
    Bangunan masjid ini memang dibangun oleh ribuan seniman serta pengrajin yang berasal dari seluruh dunia untuk menghadirkan keragaman budaya Islam. Tak heran di bagian interior masjid ini menggunakan bahan-bahan mewah diantaranya batu mulai, emas, marmer dan Kristal.
  5. Mausoleum of Mohammed V di Rabat Maroko
    Interior masjid ini disebut-sebut merupakan keajaiban arsitektur masa dinasti Alaouite. Hal ini bisa terlihat dari adanya perpaduan antara teknik seni tradisional serta desain modern yang berpadu dalam desain arsitektur masjid ini.
  6. Masjid Khan Wazir di Lahore Pakistan

interior masjid terindah di dunia

Keindahan interior masjid ini bisa disaksikan dari susunan keramik yang tampak menyatu dan simetris. Selain itu bagian dinding masjid juga menampilkan seni kaligrafi bahasa Persia dan Arab yang tampak begitu indah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai 6 interior masjid terindah di dunia. Pesona keindahan interior masjid-masjid tersebut tidak hanya memukau namun menjadi bukti adanya perpaduan budaya dalam Islam yang terasa begitu kental sehingga akan bisa terus disaksikan oleh generasi-generasi berikutnya. Namun pada kenyataannya, kini sudah masuk pada era digital masjid, dimana semua fasilitas masjid yang sudah menjadi modern secara financial, kemungkinan besar dengan perubahan bangunan yang mengikuti jaman, juga akan berpengaruh dalam meningkatkan jumlah jama’ah yang akan ahadir.

Leave a Reply