Jangan Kunjungi Masjid Ini! Kalau Belum Tahu 7 Kenyataan Mengejutkan Katedral Moskwa

Tahukah kalian tentang Masjid Katedral Moskwa? Jika kalian tahu atau pernah mendengarnya. Bagaimana menurut kalian terkait masjid tersebut? Masjid ini terletak di negara Rusia dan telah berdiri sejak tahun 1904. Didirikan dengan menggunakan jasa arsitektu Nikolay Zhukov, tapi tetap saja masjid tersebut telah mengalami perombakan beberapa kali demi mempertahankan bangunan bersejarahnya. Rusia yang mayoritas dihuni oleh penduduk beragama kristen dan katolik tidak merasa terganggu dengan pendirian masjid itu. Masyarakat umat muslim dengan non muslim hidup berdampingan saling damai. Terbukti dari pendirian masjid di negara Rusia hingga berkali-kali. Bahkan di Rusia tepatnya pada kota Moskow telah memiliki 4 masjid tertua. Salah satunya masjid Katedral Moskwa tersebut. Interior bangunannya menggunakan kubah bewarna emas, kemudian bagian dinding masjid identik dengan warna abu-abu dan ada sedikit warna hijau di titik-titik tertentu. Seluruh biaya pembangunan masjid didanai oleh pedagang muslim yang tinggal di Kota Moskow bernama Saleh Yusupovich Erzin.

7 Kenyataan Mengejutkan Katedral Moskwa

Terakhir kali masjid Katedral Moskwa direnovasi pada tahun 2015. Masjid ini menjadi pusat peribadatan umat muslim berupa solat 5 waktu, solat jumatan berjamaah, solat hari raya besar agama islam, membaca al-qur’an, berdzikir, serta kajian-kajian. Selain itu, umat beragama islam juga bisa melaksanakan kewajiban rukun islam yakni menikah. Dibalik kemegahan dan kemewahan masjid Katedral Moskwa ternyata menyimpan beberapa kenyataan, berupa:

  • Renovasi membutuhkan biaya 170 juta dolar AS

Masjid Katedral Moskwa

Biaya fantastis itu melebihi dari total dana yang dikeluarkan oleh saudagar muslim Saleh Yusupovich saat membangun bangunan masjid Katedral Moskwa untuk pertama kalinya

  • Perluasan halaman masjid hingga berhektar-hektar

Masjid Katedral Moskwa

Masjid yang dulunya hanya menggunakan 980 meter persegi luas tanah dan saat direnovasi pada tahun 2015 kemarin membutuhkan 19 ribu meter persegi. Jadi, masjid Katedral Moskwa lebih besar dan lebih luas dari awal pertama pembangunan ditambah terdapat halaman yang mengeliligi masjid

  • Masjid dapat menampung 10 ribu jamaah

Masjid Katedral Moskwa

Perenovasian masjid yang membutuhkan biaya ratusan juta dolar hingga perluasan lahan berhektar-hektar. Maka, tidak heran jika masjid tersebut dapat menampung 10 ribu jamaah bahkan saat hari-hari raya besar umat muslim masih cukup dipenuhi jamaah hingga 20 ribu jiwa

  • Lapisan kubah menggunakan emas asli

Masjid Katedral Moskwa

Pada bagian atap masjid dipasangkan kubah berlapis emas dengan ukuran 12 kilogram. Bukan bermaksud untuk boros atau berbuat ria, namun tujuan pemasangan kubah berlapis emas agar masyarakat dari mancanegara akan selalu mengingat dan mengenang masjid tersebut

  • Terdapat lift pada masjid

Masjid Katedral Moskwa

Masjid dibangun dengan 6 tingkat dan begitu megah. Membuat para penggagas pendirian masjid bersepakat untuk menambahkan lift dan elevator guna mempermudah jamaah yang ingin beribadah hingga lantai paling atas.

  • Rekontruksi masjid membutuhkan 500 pekerja

Masjid Katedral Moskwa

Masjid Katedral Moskwa yang begitu megah dan besar pasti saat pengerjaan renovasi sangat perlu membutuhkan banyak pegawai. Sehingga, agar pernyelesaian berlangsung dengan cepat wajib menggunakan 500 pekerja.

  • Dipasangkan 320 lampu kristal

Masjid Katedral Moskwa

Agar bagian dalam masjid tidak gelap dan tak kalah cantik dari bagian luar. Maka, sang arsitektur sengaja menambahkan nuansa 320 lampu kristal di dalam masjid. Kemudian agar lantai masjid tidak mudah kotor dan terasa nyaman saat digunakan sujud sewaktu solat. Penggunaan jam masjid pada sebuah masjid yang nantinya sebagai pedoman waktu sholat dan adzan selalu diletakkan pada bagian dalam.

Masih banyak lagi kenyataan-kenyataan terkait pembangunan masjid Katedral Moskwa yang wajib kalian ketahui. Apabila ingin berkunjung kesana, setidaknya kalian sudah mempunyai pegangan informasi terkait masjid agar tidak terlihat bingung. Selamat membaca!

Leave a Reply