INFRASTRUKTUR JALAN

Jalan Simpang Tiga Lahömi-Fabaliwa Sirombu Akhirnya Dibangun

Ruas jalan Simpang Tiga Lahomi menuju Fabaliwa, Sirombu, tengah dipadatkan. | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha.

SIROMBU, NBC Setelah 14 tahun jalan yang menghubungkan Simpang Tiga Lahömi Desa Sisobandao dengan Fabaliwa, Sirombu, Kecamatan Sirombu, tak tersentuh pembangunan, akhirnya dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Saya masih ingat jalan ini dibangun sekitar tahun 1998 dan kini baru diperbaiki lagi,” ujar Tau Sama Tau Hia, Kepala Desa Fadoro, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, kepada NBC Selasa (11/9/2012) di kediamannya.

Selama 14 tahun ini, menurut Tau Sama Tau, kondisi ruas jalan yang menghubungkan antara Simpang Tiga Lahömi dan Fabaliwa Sirombu cukup memprihatinkan. “Tak beda dengan kubangan kerbau. Jalan ini rusak berat,” ujarnya.

Akibatnya, kata Tau Sama Tau, pengguna jalan banyak yang mengeluh, terlebih para siswa yang menaiki sepeda dayung. Kecelakaan pun sering terjadi di jalur ini.

Seperti diberitakan NBC sebelumnya, Jalan Lahömi, mulai dari Fabaliwa, Sirombu, yang melewati beberapa, yaitu Desa Tugala, Desa Fadoro, Lahömi, hingga menuju Ibu Kota Nias Barat sangat memprihatinkan. Tidak jauh beda seperti kubangan kerbau. Juga hal yang sama terlihat di sepanjang jalan yang menuju Nias Selatan (pesisir pantai).

Salah satu titik jalan yang masih tergenang air. | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

Sepanjang jalan tersebut terlihat genangan air, walau di Nias Barat kemarau sudah terasa selama 1 mingggu. Namun, genangan air di badan jalan tak kunjung kering. Untuk melewati jalan ini butuh waktu yang cukup lama dan ekstra hati-hati.

Pengamatan NBC, ruas jalan tersebut kini sudah mulai dipadatkan oleh PT Bhakti Karya Nusa Pratama. Pengembang memberikan pasir batu (sirtu) yang kemudian dipadatkan dan dilapisi aspal.

Dari papan proyek yang dipasang, nama pekerjaan tertulis Peningkatan Jalan Provinsi Jurusan Sirombu Lölöwa’u Kabupaten Nias Barat. Nilai kontrak Rp 3.123.909.516,64 yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2012. Masa pelaksanaan 150 hari kerja. Tanggal kontrak 11 Juni 2012. Penyedia jasa PT Bhakti Karya Nusa Pratama. Alamat Jl. Dagan No. 18A/5A Medan. Konsultan pengawas CV. Jasa Persada. [NDH]

4 Comments

Top