HARI ANAK NASIONAL

Peringati HAN, PKPA Adakan Lomba Menggambar di Nias Barat

Manajer PKPA Nias Keumala Dewi | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

LAHÖMI, NBC  Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli 2012 yang akan datang, Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) akan melaksanakan lomba menggambar dengan tema “Stop Buruh Anak” kepada sejumlah anak yang ada di Aula kantor pusat ONKP di Tugala Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat . Hal itu dikatakan Manajer Areal PKPA Nias Keumala Dewi kepada NBC, Rabu (18/7/2012), di depan kantor Kesos Pemerintahan Kabupaten Nias Barat di Lahömi.

“Ya, seminggu lagi, dalam rangka memperingati HAN, tepatnya 23 Juli 2012, PKPA Nias mengadakan lomba menggambar kepada anak-anak kelompok umur 5-6 tahun. Tema lomba tersebut terkait Buruh Anak di Nias Barat. Bagi anak yang mendapat juara diberi trofi dan hadiah lainnya,” kata Keumala kepada NBC.

Ditambahkan Keumala, peserta yang mengikuti lomba tersebut merupakan dampingan PKPA dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Sirombu, Lahömi, dan Mandrehe Barat di Kabupaten Nias Barat serta Kecamatan Sawö dan Tuhemberua dari Kabupaten Nias Utara.

Selain itu, pada hari acara perayaan HAN tersebut, juga turut diundang pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat, dan tokoh masyarakat.

Kegiatan lain yang dilakukan PKPA pada hari HAN, antara lain melaksanakan dialog interaktif di RRI Gunungsitoli yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah kampanye untuk mengurangi jumlah pekerja anak di bawah umur yang ada di Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara. Dari kegiatan ini diharapkan  ada peningkatakan kesadaran masyarakat tentang kondisi buruh yang ada di sekitar mereka.

“Kiranya peserta lomba dapat mengeksplor kondisi yang dialaminya selama ini. Berdasarkan ini nantinya PKPA akan menggali kembali dan memperkenalkan masalah buruh anak kepada masyarakat luas,” kata Keumala.

Ditambahkannya, kegiatan lomba ini bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat dan PKPA yang dibiayai oleh Uni Eropa. [NDH] 

4 Comments

  1. Nias Bangkit said:

    Untuk mengampanyekan stop pekerja anak di Nias Barat dan Nias Utara, PKPA mengadakan sosialisasi dengan mengadakan lomba menggambar bagi anak-anak. Semoga anak-anak tidak usia sekolah tidak lagi bekerja, tetapi waktu mereka benar-benar untuk belajar. Sukses….. Keumala Dewi

Top