SEMINAR SEHARI FKM KANIRA

Nias Utara Jejaki HTI dan Pendirian Politeknik Pertanian

Peserta seminar sehari bertajuk “Pendidikan dan Masa Depan Kabupaten Nias Utara”, Rabu (18/7/2012), Convention Hall-Suara Nafiri, Medan. | Foto: NBC/Fotarisman Zalukhu

MEDAN, NBC Dalam waktu dekat ini, Nias Utara akan menjejaki investasi di bidang hutan tanaman industri (HTI) yang bekerja sama dengan PT Kertas Leces. Selain itu, pendirian politeknik pertanian negeri di Nias Utara juga diharapkan segera menerima mahasiswa baru tahun depan.

Hal ini mengemuka dalam seminar sehari bertajuk “Pendidikan dan Masa Depan Kabupaten Nias Utara” yang diprakarsai oleh Forum Komunikasi Masyarakat Kabupaten Nias Utara (FKM-Kanira) Medan-Indonesia, Rabu (18/7/2012), Convention Hall-Suara Nafiri, Medan, Sumatera Utara.

Direktur Utama PT Kertas Leces Budi Kusmarwoto menguraikan rencana investasi yang mungkin bisa dikerjakan oleh PT Kertas Leces di Kabupaten Nias Utara. “Konsep ini berbentuk HTI, di mana masyarakat diberikan kesempatan menanam pohon yang bisa dijadikan bahan bagi bubur kertas. Investasi ini diperkirakan bisa memberikan keuntungan kumulatif sekitar Rp 3 triliun dalam kurun waktu 10 tahun jika diperkirakan lahan mencapai 11.000 hektar,” ujar Budi.

Guna mempercepat konsep HTI dengan PT Kertas Leces ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara akan melakukan sosialisasi dengan masyarakat dan tim ahli dari PT Kertas Leces akan menghitung berbagai aspek teknisnya.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Utara Edward Zega, memang berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di segala bidang dalam waktu, terutama memacu pengembangan pertanian, salah satunya dengan mendatangkan investor dan meningkatkan produktivitas lahan yang ada.

Politeknik Pertanian

Dalam seminar yang dihadiri lebih dari 100 undangan dari SKPD Nias Utara ini juga dibahas tentang pendirian politeknik pertanian negeri di Nias Utara.

Pakar ekonomi pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Ir. Adji Hermawan menjelaskan konsep pembangunan pertanian yang mandiri dan berpihak kepada rakyat. Pada paparannya, ia menawarkan berbagai konsep dan bantuan yang bisa menolong peningkatan pendidikan pertanian di Kabupaten Nias Utara.

Sementara itu, Dr. Saharman Gea dari FMIPA USU, menjelaskan konsepnya mengenai rencana pembangunan Politeknik Pertanian Negeri ini. Ia bahkan sudah menjajaki kerja sama dengan Direktorat Jenderak Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta untuk mencoba melihat peluang yang ada.

Yusman Zega, Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara, yang juga didaulat sebagai pembicara dalam seminar itu, memaparkan konsep dan strategi pembangunan Kabupaten Nias Utara sekarang ini. Ia juga menguraikan target pembangunan yang ingin dicapai tahun 2012 dan tahun 2013 salah satunya di sektor pertanian ini.

Demikian juga pembicara Murbanto Sinaga dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menguraikan berbagai strategi yang bisa dikelola di Nias Utara di bidang pendidikan.

Seminar yang berlangsung produktif ini disambut positif oleh masyarakat Nias yang hadir. Bahkan, diharapkan pertemuan seperti ini rutin dilakukan karena perlu untuk menyamakan persepsi pemerintah dengan masyarakat Nias Utara. Selain itu, lewat pertemuan seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai refleksi mengenai apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dikerjakan di Nias Utara.

Turut hadir dalam seminar itu sejumlah tokoh Nias, antara lain Analisman Zalukhu (anggota DPRD Sumut), Ama Eri Harefa (mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi di Medan), Ama Iman Zebua (prajurit menengah polisi di Poldasu), Pdt. Dorkas Daeli (Sekum BPHMS BNKP), Temazaro Zega (Plt Kepala BKKBN Provinsi Sumut), Yulianus Harefa  dan Drs Faigiziduhu Bu’ulölö (keduanya dosen di USU), Ama Arif Mendröfa (Ketua PMN). Selain itu,  Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian (dosen USU) juga terlihat hadir. [FOT]

3 Comments

  1. Nias Bangkit said:

    Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Pemerintah Nias Utara. Forum Komunikasi Masyarakat Kabupaten Nias Utara (FKM-Kanira) Medan-Indonesia, Rabu (18/7/2012), mengadakan seminar sehari di Medan. Apa saja hasilnya. Simak berita ini. Sukses.

  2. Nias Bangkit said:

    Dalam waktu dekat ini, Nias Utara akan menjejaki investasi di bidang hutan tanaman industri (HTI) yang bekerja sama dengan PT Kertas Leces. Selain itu, pendirian politeknik pertanian negeri di Nias Utara juga diharapkan segera menerima mahasiswa baru tahun depan. Ini berita baik dari Kabupaten Nias Utara. Bravo. | Cc. Fotarisman Zaluchu

Top