SITUS WEB PEMKAB NIAS BARAT

Kabag Humas: Situs Web Pemkab Nias Barat Diaktifkan Agustus 2012

Gambar halaman muka situs web milik Pemkab Nias Barat. | Foto: NBC/Sotafi Lie

LAHÖMI, NBC Situs Pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan alamat www.niasbaratkab.go.id sudah hampir satu tahun tidak pernah dimutakhirkan. Pemkab Nias Barat kembali berjanji akan memutakhirkan situs yang dibuat dari APBD itu pada Agustus 2012. Janji itu disampaikan Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Nias Barat Simesono Hia kepada NBC, Rabu (25/7/2012), di ruang kerjanya di Onolimbu, Lahömi.

Pernyataan serupa dari Simesono ini bukan hanya sekali ini disampaikan, sudah berulang-ulang. Ironisnya, janji itu tidak pernah terlaksana.

“Diperkirakan, Agustus mendatang web Pemkab Nias Barat kembali aktif lagi. Kendala selama ini masalah jaringan,” ujar Simesono.

Selain jaringan yang kurang bersahabat, kata Simesono, pihak rekanan pengelola web tengah memperbarui server web agar tampilannya lebih menarik.

Pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat pernah berkoordinasi dengan pihak Telkom agar menambah jaringan di Nias Barat. Namun, Telkom tidak bisa memenuhi hal itu sebelum kantor pemerintah selesai.

“Setelah web Nias Barat sudah berfungsi Agustus ini, tahun depan semua pelelangan barang/jasa pemkab Nias Barat semua melalui situs ini,” tambahnya.

Setiap kali ditanyakan, berapa anggaran yang digunakan untuk membangun situs ini, Simesono tidak pernah mau memberitahukan. Padahal, berdasarkan UU Keterbukaan Informasi Publik, pengadaan situs yang anggarannya dari APBD ini wajib diinformasikan kepada masyarakat.

Meskipun begitu, informasi yang beredar, pengadaan situs itu mencapai Rp 400 juta. Hal ini ditegaskan atas temuan DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Nias Barat TA 2011. Namun, saat itu Simesono membantah hal itu.  “Apa yang tertera pada LKPJ bupati tahun 2011 yang mengatakan telah terealisasi, itu kesalahan dalam menyampaikan laporan,” ujarnya. Simesono menambahkan, dana sebesar Rp  400 juta tersebut berada di kas daerah Kabupaten Nias Barat.

Di dunia maya Facebook, banyak warga Nias Barat mempertanyakan keberadaan situs web itu. “Sayang kan uang rakyat yang sudah dikeluarkan untuk membuat situs web Nias Barat, tetapi tidak dimanfaatkan,” ujar salah seorang netter di Facebook. [NDH]

3 Comments

  1. Nias Bangkit said:

    Setelah sekian kali dijanjikan dimutakhirkan, Kabag Humas Nias Barat kembali berjanji–sekali lagi–KEMBALI BERJANJI, pada Agustus situs milik Pemkab Nias Barat yang dibangun dari APBD akan diaktifkan. Catat ya janji ini….

Top