PASCA-PENGUMUMAN UN 2012

Anak Ingin Kuliah, Orangtua Tetap Optimistis

Ina Masi dan anaknya.

NBC Saat menerima amplop hasil Ujian Nasional anaknya, setiap orangtua sangat senang dan merasa puas jika anaknya Lulus. Hal berbeda dirasakan oleh Ina Masi Lafau, warga Desa Sisarahili, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias. Selain senang menerima pengumuman kelulusan anaknya, dia juga merasa bingung memikirkan biaya kuliah anaknya kelak.

Kepada NBC, Ina Masi mengatakan, dia merasa bingung akan mencari ke mana biaya kuliah anaknya, Linda Lafau, yang baru lulus di SMK Swasta Emmanuel Agung, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sabtu (26/5/2012). Menurut Ina Masi, selain Linda, dia dan suaminya juga ikut memikirkan biaya kuliah adik Linda yang bersamaan lulusnya dengan kakaknya.

“Selain Linda, adik Linda yang ada di kampung juga lulus SMA tahun ini dan sama dengan kakaknya meminta untuk melanjutkan sekolah seperti keinginan kakaknya. Terpaksa kami sebagai orangtua harus mengabulkan keinginan keduanya untuk kuliah, meskipun kami belum memiliki uang untuk persiapan biaya kuliah keduanya,” kata Ina Masi.

Dia juga menambahkan bahwa untuk mengabulkan permintaan kedua anaknya tersebut, dia dan suaminya akan berusaha mencari jalan mendapatkan uang agar kedua anaknya dapat kuliah. Bahkan, dia berharap kedua anaknya tersebut jika telah berhasil nantinya, tidak lupa dan akan  membantu mereka  yang setiap hari bekerja sebagai petani di kampung.

Kondisi yang dialami oleh Ina Masi dialami oleh sejumlah orangtua di Pulau Nias saat kelulusan seperti ini. Yang jelas, orangtua mana yang tak ingin anaknya bisa mengecap bangku kuliah. Namun, pelajaran berharga yang bisa diambil dari sikap Ina Masi adalah besarnya optimisme dan pengharapan bahwa pada waktu ke depan ini, pada saatnya, semua kebutuhan kedua anaknya untuk kuliah pasti ada.

“Apa pun, kami sangat senang karena anak kami kedua-duanya dapat lulus dari SMA tahun ini. Untuk biaya kuliah keduanya akan dipikirkan ke depan mau diambil darimana”, tutur Ina Masi.

Adalah manusia yang berencana, Tuhan yang menentukan. Apa pun, bila niat kita baik dan selalu bersyukur apa pun kondisi yang diterima, selalu berhasil. itulah kelebihan Ina Masi dalam mendidik anak-anaknya. [WAN]

7 Comments

  1. Nias Bangkit said:

    Orangtua mana yang tidak mau anak-anaknya kuliah dan memiliki masa depan yang labih baik. Selalu optimistis, tidak mudah menyerah dalam kondisi apa pun. Yang penting tetap ada pengharapan. Orangtua harus membangun sikap optimistis…. kerennnn

Top