KESEHATAN PEREMPUAN

YKI Adakan ”Pap Smear” Gratis di Telukdalam

Perempuan dari sejumlah wilayah di Kabupaten Nias Selatan mengikuti pemeriksaan leher rahim yang diadakan Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara di Puskesmas Telukdalam, Kmis (19/4/2012).

TELUKDALAM, NBC Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara mengadakan pemeriksaan dini kanker leher rahim pap smear di Puskesmas Perawatan Plus Telukdalam, Jalan RA Kartini, Telukdalam, Nias Selatan, Kamis (19/4/2012).

Pemeriksaan yang melibatkan dokter-dokter ahli tersebut diadakan dalam rangka bakti sosial YKI Sumatera Utara dan tidak dipungut biaya apa pun. Sekitar 200 perempuan dari beberapa wilayah di Nias Selatan berdatangan untuk memeriksakan diri.

Pengerahan perempuan ini berkat petugas dari Dinas Kesehatan yang turun langsung mengadakan imbauan kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan pemeriksaan gratis ini. Adapun hasil pemeriksaan akan diberitahu setelah dua minggu.

Dalam kegiatan tersebut, YKI juga memberikan penyuluhan tentang kanker leher rahim dan kanker payudara yang disampaikan oleh dr Sukimin, ahli Patologi Anatomi dari RSUD Haji Adam Malik, Medan.

Menurut dr Sukimin, kanker leher rahim dapat dicegah. Pada stadium dini, kanker leher rahim biasanya tidak memberikan gejala sama sekali. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan pap smear.

Pap smear yang dilakukan sekali dalam setahun dapat mencegah kejadian kanker leher rahim pada lebih dari 90 persen kasus. Biaya untuk melakukan pap smear jauh lebih murah dibandingkan bila sudah berada pada stadium lanjut. Di rumah sakit di Medan, biaya pap smear itu sekitar Rp 250.000, sedangkan bila sudah berada pada stadium lanjut, biayanya bisa mencapai Rp 10 juta setiap sekali berobat,” ujar dr Sukimin.

Seusai memberi penyuluhan tentang kanker leher rahim, dr Sukimin kemudian menjelaskan tentang kanker payudara.

Penyebab kematian yang berada pada urutan kedua setelah kanker leher rahim ini dapat dicegah melalui pemeriksaan dini “Sadari” atau Periksa Payudara Sendiri.

Pola hidup dan lingkungan merupakan faktor penyebab terjadinya kanker payudara. Pemeriksaan dini dan melakukan pola hidup sehat dapat mencegah penyakit yang juga bisa dialami oleh pria ini.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Murniati Dachi tersebut dihadiri oleh Ketua YKI Sumatera Utara Feranata Widar Tambunan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Selatan F. Linda Idealisman Dachi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nias Selatan Nurhayati Asa’aro Laia, dan Direktur RSUD Lukas dr Hendrik Saragih.

Sebelumnya, tim dari YKI Sumatera Utara juga mengadakah pemeriksaan gratis kepada warga di Kota Gunungsitoli, di Puskesmas Fodo, Gunungsitoli. Pada pelaksanaan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear di Gunungsitoli, menurut informasi dari tim YKI, ditemukan tiga kasus yang mencurigakan harus diwaspadai. “Kita lihat dari warnanya. Meskipun demikian, hasilnya akan keluar sekitar 2 minggu mendatang. [DES]

One Comment;

  1. Desty Hulu said:

    Kanker leher rahim dapat dicegah. Pada stadium dini, kanker yang berada pada urutan pertama penyebab kematian perempuan di dunia ini tidak memberikan gejala sama sekali. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan "pap smear" :)

Top