E-KTP

Pendataan E-KTP Nias Selatan Selesai Oktober 2012

TELUKDALAM, NBC — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menargetkan perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di wilayah Nias Selatan selesai Oktober 2012.

Hal tersebut dikatakan oleh Plt.Kepala Dinas Dukcapil Nias Selatan Restu Jaya Duha saat ditemui di kantornya, Kamis (12/4/2012).

Restu Duha menjelaskan bahwa persiapan untuk mensukseskan program tersebut sudah dimulai sejak Februari 2012. Ada beberapa konsorsium yang akan terlibat, yakni PT Indosat, PT Lintas Arta, PT Kuadran, dan PT Sucofindo.

“Saat ini pihak Indosat sebagai penyedia jaringan internet sudah mulai memasang perangkat di beberapa kecamatan,” ujar Restu Duha.

Dinas Dukcapil sedang menunggu peralatan berupa komputer, kamera, alat sidik jari, pemindai iris mata yang disediakan oleh PT Kuadran, dimana dalam pendistribusiannya pihak penyedia menyalurkan langsung semua peralatan ke kecamatan.

Bila semua peralatan sudah lengkap maka operator yang sudah direkrut akan diberi pelatihan oleh PT Sucofindo sebagai konsorsium pengadaan SDM. Masing-masing kecamatan akan disediakan 2 set alat perekam data, 4 orang operator, dan tenaga pendamping. Ruang perekaman data juga akan dipasangi AC.

Selain mempersiapkan peralatan secara fisik, Dinas Dukcapil akan bekerja sama dengan PLN dalam menyiapkan energi minimal 3,5 KVA per kecamatan. Untuk kecamatan yang tidak memiliki listrik, akan disediakan mesin genset.

“Saat ini hanya 12 kecamatan yang sudah dialiri listrik, tinggal meningkatkan daya. Semua pengecekan instalasi listrik dilakukan langsung oleh PLN. Untuk 6 kecamatan yang tidak memiliki listrik, akan disediakan mesin genset” ujar Restu Duha

Setelah semua proses perekaman data selesai, pada akhir tahun 2012 percetakan nasional akan mencetak E-KTP secara massal, sehingga awal tahun 2013 E-KTP sudah mulai berlaku.

Kepala Dinas Dukcapil sudah menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi terkait dengan E-KTP. Setiap Camat, Kepala Desa/Lurah dapat menghubungi nomor 085361219000 bila ada gangguan pada pelaksanaan perekaman data. [DES]

3 Comments

  1. Marthin Taruna said:

    selamat pagi pak, pak saya mau tanya, kenpa akte kelahiran saya tidak bisa keluarkan oleh pencatatan sipil, pada hal saya lahir dinias selatan, akte kelahiran itu saya butuhkan segera pak!

  2. Pingback: Pendataan E-KTP Nias Selatan Selesai Oktober 2012 | FORNISEL

  3. Nias Bangkit said:

    Apakah Anda ada keluhan soal E-KTP di Nias Selatan? atau Anda belum diundang untuk mendaftar? Buruan, datang ke kelurahan Anda. :: | NBC.

Top