Pelaksanaan UN SMP di Nias Barat Lancar

MANDREHE BARAT, NBC- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Nias Barat lebih lancar ketimbang tingkat  SMA atau SMK seminggu sebelumnya diwarnai keributan akibat kekurangan lembar soal. Sejak hari pertama Senin (23/4/2012)  sebanyak 1784 siswa mengikuti tanpa kendala mengikuti UN SMP.

Pelaksanaan UN tingkat SMP tidak ada masalah, semuanya lancar. Soal UN terpenuhi” ujar Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo, kepada NBC usai meninjau pelaksanaan UN di SMP N 1 Mandrehe Barat.

Kendati pelaksanaan lancar, sejumlah peserta nampak kesulitan menjawab pertanyaan. Saat waktu tersisa 10 menit beberapa siswa di SMP N 1 Mandrehe Barat baru berhasil menyelesaikan  25 dari total  60  soal. Dalam kondisi seperti guru dilarang memberikan bantuan.

“Bila ada guru yang mencoba-coba membantu, dan bila ketahuan saya tidak segan-segan memberikan sanksi pada mereka,” ujar  Adrianus.

Soal kelancaran UN SMP dibenarkan oleh beberapa pejabat lain,baik  Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat Mareti Waruwu  maupun beberapa kepala sekolah SMP.

Kepala Sekolah SMP N 1 Mandrehe Barat Geliaki Gulo mengatakan jumlah siswa yang mengiktui UN di sekolahnya sebanyak 66 orang untuk 4 ruangan. “Kalau kendala pelaksanaan UN tidak ada, hanya saja beberapa siswa merasa sulit mengerjakan soal” pungkas Geliaki.

Ditempat yang berbeda, Kepala Sekolah SMP N 1 Mandrehe Hisikia Gulo menuturkan jumlah siswa yang mengikuti UN disekolahnya sebanyak 190 siswa yang terdiri dari 185 siswa untuk 10 ruangan siswa SMP N 1 Mandrehe dan 5 siswa untuk 1 ruangan siswa SMP Terbuka Mandrehe.

UN dengan bata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama ini tidak ada masalah, semuanya lancar dan dapat diikuti oleh siswa. Pungkas Hisikia.

Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia meninjau UN di SMP N 1 Lahomi, Sekretaris Daerah Nias Barat Zemi Gulo meninjau UN di SMP N 1 Moro’o. Asisten I Nias Barat Faigizatulo dan Kadissik Nias Barat Mareti Waruwu meninjau UN di SMP N 1 Lolofitu Moi. Tutur Kabag Humas Nias Barat Simesono Hia. [NDH]

 

Top