Kesatuan Nias Mesti Tetap Dijaga

Rudolf M Pardede | Foto: Situs Web DPD RI

GUNUNGSITOLI, NBC — Keinginan untuk mengubah kepulauan Nias menjadi sebuah provinsi baru yang terpisah dari Sumatera Utara, sangat ditentukan oleh kesatuan gerak dan visi seluruh Nias. Keanekaragaman yang ada di Pulau Nias harus bisa disatukan sehingga cita-cita bisa tercapai

Hal ini disampaikan Rudolf M Pardede, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di sela-sela acara sosialisasi Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Ketetapan MPR di aula Samaeri lantai II, Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Kamis (19/4/2012).

“Sosialisasi seperti ini merupakan kewajiban dari anggota DPD untuk menyampaikan dan mengingatkan keempat pilar tersebut kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Rudolf, persatuan dan kesatuan bisa dicapai apabila ada penghormatan terhadap dasar negara Pancasila, yang bisa diwujudkan dengan menghormati keanekaragaman yang ada.

Jati Diri

Dalam sosialisasi ke enam di wilayah Sumatera Utara itu, selain Rodolf, tampil pula Faisal Basri sebagai narasumber. Kepada NBC, Faisal mengatakan bahwa sosialisasi tersebut menjadi penting di tengah kehidupan kita yang sudah hampir kehilangan jati diri bangsa.

“Semuanya suka menjalankan sesuai dan keinginan diri masing masing, sosialisasi ini mengingatkan bahwa kita punya dasar negara Pancasila,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan adanya beberapa perubahan yang dilakukan pada UUD 1945. Perubahan-perubahan itu melahirkan beberapa lembaga negara yang baru, seperti DPD RI, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial dan beberapa lembaga negara lainnya.

Kehadiran lembaga-lembaga baru itu merupakan langkah untuk melakukan pengawasan terhadap proses menjalankan ideologi negara. “Tidak seperti masa lalu, di mana presiden yang paling kuat posisi dalam bernegara, tetapi sekarang telah berubah dan telah bergeser kepada DPR,” ujar Faisal. [WAN]

4 Comments

  1. Irwanto Hulu said:

    tapi sayang sosialisasi tersebut tidak melibatkan para pelajar, dan terkesan dibatasi, karena sebenarnya untuk menanamkan hal tersebut lebih pantasnya muali dari pelajar. sebab kalau bapak bapak mana bisa lagi masuk pelajaran p4nya.

  2. Nias Bangkit said:

    Persatuan dan kesatuan bisa dicapai apabila ada penghormatan terhadap dasar negara Pancasila, yang bisa diwujudkan dengan menghormati keanekaragaman yang ada. Apa pendapat Ono Niha?

Top